Kamis 22 Juli 2021, 10:22 WIB

AMG Bagikan 10 Sapi dan 144 Domba Kurban Ke Warga Telukjambe

mediaindonesia.com | Nusantara
AMG Bagikan 10 Sapi dan 144 Domba Kurban Ke Warga Telukjambe

dok.mi
Sapi kurban yang akan disembelih manejemen Al Azhar Memorial Garden, untuk dibagikan ke warga Telukjambe, Karawang, Rabu (21/7)

 

MOMENTUM Idul Adha 1442 Hijriah yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19 ternyata mendatangkan berkah bagi ratusan warga Telukjambe Timur, Karawang. Taman Pemakaman Islam Al Azhar Memorial Garden (AMG) menggelar penyembelihan 10 ekor sapi dan 144 domba yang dibagikan kepada warga desa setempat.

Kegiatan pemotongan hewan kurban pada Hari Kedua Idul Adha (11 Dzulhijah), Rabu, dilakukan dengan prosedur kesehatan yang ketat. Penyembelihan hewan kurban itu dilakukan oleh panitia pemotongan hewan kurban dan disaksikan hanya oleh panitia,

"Ini untuk menjaga jarak atau social distancing. Semua panitia wajib memakai masker," kata Ketua Panitia Harry Efriyal, yang menjabat GM Agency Development AMG, Kamis (22/7).

Untuk mencegah antrian dan kerumunan, lanjut Harry, pendistribusian daging kurban dilakukan langsung oleh panitia kepada warga dengan meminimalkan kontak fisik. Daging kurban juga dibagikan melalui Kantor Desa Pinayungan dan masjid-mesjid di sekitar Telukjambe. "Kita betul-betul ingin aman," tegasnya.

Harry mengatakan dalam situasi negeri yang sedang menghadapi pandemi Covid-19, perayaan Idul Adha dan pembagian hewan kurban menjadi sangat bermakna untuk masyarakat. Tidak sedikit warga yang terdampak dan mengalami penurunan pendapatan sampai harus kehilangan pekerjaan. Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan masyarakat terdampak, namun tetap perlu dukungan dari pihak yang memiliki kesadaran untuk saling berbagi.

"Pembagian hewan kurban ini merupakan bentuk gotong royong. Kami ingin berbagi dengan warga di sekitar lingkungan kami," ujar Harry lagi.

Jumlah sapi dan domba yang dipotong tahun ini lebih banyak dari tahun lalu, atau naik hampir 5 kali lipat. “Alhamdulillah Idul Adha sekarang ini kami bisa berbagi daging kurban ke lebih banyak lagi warga sekitar pemakaman,” pungkas Harry.

Cicih, salah seorang warga desa Pinayungan, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas pembagian daging kurban tersebut. “Hari ini saya dan keluarga bisa makan enak dengan sate dan gule kambing,” kata pekerja harian tersebut. Warga lain bernama Mumun, juga tampak senang mendapat pembagian daging kurban.

"Berkah benar. Masa pandemi begini dapat pembagian kurban. Ada yang bilang daging bisa meningkatkan imunitas tubuh. Insya Allah terhindar dari bahaya Covid," kata Mumun.

Jadi Pilihan

Taman Pemakaman Islam Al Azhar di Karawang kini makin menjadi pilihan masyarakat yang ingin menguburkan jenazah keluarganya, termasuk yang wafat akibat Covid-19. Tempat pemakaman di DKI Jakarta dan kawasan sekitar seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, kewalahan untuk menguburkan jenazah korban Covid-19.

Oleh karena Tempat Pemakaman Umum (TPU) nyaris kelebihan kapasitas, masyakakat menoleh kepada pemakaman swasta seperti Al Azhar yang berlokasi di Karawang, tepatnya di pinggir jalan tol Jakarta-Cikampek.

Sejumlah tokoh, artis selebriti, bahkan diplomat yang wafat akibat Covid-19 dimakamkan di sana. Mantan gitaris band GIGI Aria Baron akhir Juni 2021, Diplomat yang wafat akibat Covid-19, dimakamkan di Al-Azhar Memorial Garden.

Kedua orang tua ustadz Solmed, Hj.Salmah Lubis, yang meninggal dunia pada Minggu (11/7) juga dimakamkan di sana. Ustadz Solmed mengatakan komplek pemakaman Islam itu istimewa.

"Semua tertata rapih, makamnya, batu nisannya, jalanan tapaknya, tendanya, bahkan suasananya adem banget. Betah ziarah dan itu yang paling penting. Ziarahnya jadi tak terburu-buru, bacaan doanya gak terburu-buru, duduk gak terburu-buru, karena ini adem enak” ujarnya tentang komplek makam yang ditata bak taman itu.

Harry Efriyal, menyatakan pihaknya menerima korban Covid-19 untuk dimakamkan selama 24 jam. "Kami membantu pemerintah dan masyarakat dalam menangani pemakaman jenazah korban Covid-19," katanya.

Harry mengatakan kompleks pemakaman seluas 25 hektare ini terdiri dari 30 ribu unit kavling pemakaman, rest area, taman, dan masjid untuk pemulasaran atau pengurusan jenazah. Tempat ini diklaim sebagai area pemakaman khusus muslim satu-satunya di Indonesia. (OL-13)

Baca Juga

MI/WIDJAJADI

Diklatsar UNS Telan Korban, Kapolresta Surakarta Menduga Ada Tindak Kekerasan

👤Widjajadi 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 22:55 WIB
Polisi menduga ada tindak kekerasan terhdap para peserta saat diklatsar...
MI/DJOKO SARDJONO

Produk Hasil Pertanian Klaten Layak Dijual di Pasar Ekspor

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 22:40 WIB
Klaten menggelar Bussines Matching dan Promosi Produk Unggulan Hasil...
DOK MI

20 Kecamatan Di Sikka Nihil Kasus Aktif Covid-19

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 20:28 WIB
PERLAHAN kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur terus mengalami...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Era Penuh Harapan di Dusun Bondan

Energi terbarukan mengangkat Dusun Bondan di Cilacap dari keterpurukan. Kini, warga selangkah lagi menggapai kesejahteraan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya