Selasa 20 Juli 2021, 16:50 WIB

Pemkab Tuban Salurkan 45 Ekor Hewan Kurban bagi Warga Terdampak Pandemi

M Yakub | Nusantara
Pemkab Tuban Salurkan 45 Ekor Hewan Kurban bagi Warga Terdampak Pandemi

MI/M Yakub
Ilustrasi hewan kurban.

 

PADA tahun ini,  Pemkab Tuban, Jatim, menyalurkan 30 ekor sapi dan 15 kambing untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1442 H. Rencananya, per kecamatan dialokasikan untuk dua desa dengan tiap desa akan memperoleh 150-200 paket daging kurban. Penyaluran hewan kurban ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab pada warga terdampak.

Bantuan itu secara simbolis diserahkan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, dan Wabup Tuban, Riyadi kepada panitia penyembelihan hewan kurban, di halaman kantor Pemkab Tuban, Senin (19/7).

Adapun para penerima hewan kurban berupa 1 ekor sapi yaitu Pengurus Daerah Muhammadiyah, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama, Takmir Masjid Agung Tuban, Lapas Kelas IIB Tuban, dan pengurus pondok pesantren di kelurahan Kingking.

Sedangkan, 1 ekor kambing diserahkan kepada Sekolah Luar Biasa (SLB) Jati Wiyata Dharma.  Bupati mengungkapkan penyerahan hewan kurban sebagai bentuk kepedulian masyarakat. Mengingat pada masa pandemi Covid-19, daging hewan kurban yang dibagikan akan membawa manfaat bagi penerimanya.

"Kami harap daging hewan dibagikan kepada warga membutuhkan dan tepat sasaran," ungkapnya.

Bupati juga mengatakan proses pemotongan hewan kurban dijadwalkan pada 21-23 Juli mendatang di Rumah Potong Hewan (RPH). Sedangkan proses penyaluran daging kurban nantinya akan didistribusikan oleh Pemkab Tuban.

Rencananya, per kecamatan dialokasikan untuk dua desa dengan tiap desa akan memperoleh 150-200 paket daging kurban.

Plt. Kepala Bagian Kesra Setda Tuban, Irma Putri Kartika mengatakan, 5 ekor sapi dan 1 kambing diserahkan secara langsung kepada panitia kurban. Hal ini agar dapat segera dibagikan kepada warga lingkungan sekitar. Sedangkan, 25 ekor sapi dan 14 ekor kambing akan dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH).

Selanjutnya, daging kurban akan dibagikan ke beberapa desa miskin se-kabupaten Tuban. Ditambahkannya, penyembelihan hewan kurban di RPH dimaksudkan untuk menjamin proses penyembelihan dilakukan secara sah menurut syariat Islam.

Termasuk, untuk menjamin kehalalan dan higienis daging kurban yang akan dibagikan. Tidak hanya itu, proses penyembelihan dan penyaluran daging hewan kurban dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. (M Yakub/YK/OL-10)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Mengenal Sosok Kompol Andri Kurniawan, Reserse Peraih Sejumlah Penghargaan

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 02 Agustus 2021, 22:42 WIB
Bermodalkan ilmu yang ia dapat selama masa pendidikan, Andri lebih dominan bertugas di satuan reserse. Tak heran, selama berada di Polda...
Antara

Tercapai 63 Persen, Warga Batam Butuh Pasokan Vaksin Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 02 Agustus 2021, 21:00 WIB
Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, belum berhasil mencapai target vaksinasi dosis pertama terhadap 70 persen warga sasaran pada akhir...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

700 Nelayan di Pantai Selatan Cianjur Berhenti Melaut

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 02 Agustus 2021, 21:00 WIB
Selama melaut, nelayan dapat membawa uang hingga ratusan ribu sampai jutaan rupiah, ketika hasil tangkapan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya