Rabu 07 Juli 2021, 18:45 WIB

Kolaborasi Pelestarian Lingkungan di Kampung Selil, Papua

mediaindonesia.com | Nusantara
Kolaborasi Pelestarian Lingkungan di Kampung Selil, Papua

Ist
Kampanye pelestarian flora lingkungan di area Kampung Selil, Papua.

 

Kampanye pelestarian lingkungan hidup di Kampung Selil, Merauke, Papua, belum lama ini. Kampanye dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat setempat mengenai pentingnya perlindungan flora dan fauna, terutama terhadap jenis yang hampir punah, dilaksanakan Tunas Sawa Erma (TSE) Group melalui PT Berkat Cipta Abadi (BCA).

Rangkaian kampanye dipimpin oleh Chanho Jung dari tim pelestarian alam dan sungai BCA yang didampingi warga setempat.

Kegiatan tersebut didukung penuh oleh masyarakat Kampung Selil yang memiliki keinginan sama, yakni agar kelestarian hutan di sekitarnya dapat terus terjaga hingga bisa dinikmati anak cucu mereka.

Kampanye diawali dengan melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat mengenai jenis-jenis hewan maupun tanaman yang perlu dilindungi. Adapun beberapa nama fauna yang kini sudah jarang ditemukan di Kampung Selil adalah kanguru, kura-kura muncung babi, burung cendrawasih dan burung bangau.

Selain itu, papan imbauan juga dipasang pada titik-titik strategis di pinggir hutan untuk menjaga flora dan fauna di dalamnya. Melalui papan tersebut, perusahaan turut mengajak warga untuk memelihara kebersihan aliran air sungai Anak Kali Bian, cabang dari Kali Mill, yang terletak di dekat Kampung Selil.

Kepala Kampung Selil Alfonso Renggam menyampaikan apresiasinya kepada BCA yang sudah terlibat dalam pelestarian lingkungan hidup.

 “Semoga dengan adanya papan imbauan ini, masyarakat tidak lagi berburu hewan dilindungi. Saya atas nama masyarakat Kampung Selil mengucapkan banyak terima kasih,” ucapnya pada keterangan pers, Rabu (7/7).

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, BCA dan anak-anak perusahaan TSE Group lainnya selalu berupaya berkontribusi dalam kegiatan pelestarian lingkungan.

Kepedulian ini dibuktikan dengan aksi nyata penanaman bibit pohon serta aksi bersih lingkungan yang dilakukan dengan mengajak berbagai unsur masyarakat, terutama masyarakat setempat.

Selain di bidang lingkungan, tanggung jawab sosial TSE Group juga mencakup sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi dan infrastruktur yang kerap disebut sebagai Corporate Social Contribution (CSC).

Rangkaian kontribusi ini merupakan wujud kepedulian TSE Group untuk membangun kehidupan masyarakat di lingkungan perusahaan yang sejahtera dan harmonis. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

dok.Ist

Jawara Sumedang Dukung Sandiaga Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:28 WIB
PARA relawan Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) Sandi Uno memberikan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede, Desa Tarjunajaya...
Dok. PT SIS

Maksimalkan Potensi Bahari, Suzuki Marine Resmikan DIler Baru di Makassar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:37 WIB
“Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki potensi bahari yang besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kami hadir...
Ist

Cegah PMK di Lampung, Apkasi Usulkan Stop Pasokan Sapi dari Luar Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:10 WIB
Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama para Bupati se-Provinsi Lampung sepakat bahwa penanganan virus PMK pada ternak ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya