Minggu 04 Juli 2021, 21:56 WIB

Pasien Covid-19 Meningkat, IGD Belasan RS Di Surabaya Tutup Sementara

Faishol Taselan | Nusantara
Pasien Covid-19 Meningkat, IGD Belasan RS Di Surabaya Tutup Sementara

DOK MI
Ilustrasi

 

BELASAN rumah sakit di Surabaya, Jawa Timur, memilih menutup sementara Instalasi Gawat Darurat (IGD) bagi pasien Covid-19 maupun non Covid-19. Hal itu dilakukan setelah kapasitas rumah sakit sudah penuh.

Rumah sakit yang memilih menutup IGDnya antara lain RSI Jemursari, RSI Ahmad Yani, RS Royal, RS Wiyung Sejahtera, RS PHC, RS Adi Husada Undaan Wetan, RS Adi Husada Kapasari, RS Premiere, RS National Hospital RS Al Irsyad, RS Gotong Royong, RS RKZ, dan RS William Booth.

Dokter Aditya Bhayusakti dari Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari Surabaya mengatakan untuk sementara pihaknya tidak menerima pasien Covid-19 maupun Non-Covid-19 di IGD sampai Senin (5/7).

"IGD penuh dan ruangan lain juga. Sslain itu, jumlah tenaga kesehatan juga  terbatas sementara pasien terus berdatangan. Ini yang menjadi  pertimbangan, " ujarnya.

Dokter Partono, Kepala IGD RS Adi Husada Kapasari juga membenarkan tentang penutupan sementara IGD rumah sakit tempatnya bekerja. Alasannya, saat ini sudah tidak tersedia ruangan perawatan untuk pasien Covid-19 di rumah sakit itu. Ruang ICU untuk pasien Covid-19 di rumah sakit itu, juga sudah penuh.

"Bahkan, kami sudah tidak bisa merawat pasien non-Covid-19 di ruang ICU. Karena memang sudah tidak tersedia," ujarnya.

Ketua Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Jatim Dodo Andono membenarkan memang pada saat hampir bersamaan sejumlah rumah sakit di Surabaya menutup sementara IGD-nya. Tapi ini merupakan kebijakan masing-masing manajemen bukan karena instruksi dari PERSI Jatim.

"Pertama memang pasien yang datang itu terus-terusan seperti digerojok. Saya kok sudah terlalu sering bilang “hulu�. Tapi memang seperti itu. Sampai banyak sekali tenaga kesehatan yang juga terpapar," ujarnya. (OL/15)

Baca Juga

Dok Instagram @ataliapr/@emmerilkahn

Anak Ridwan Kamil Belum Ditemukan, Pencarian Terus Dilakukan

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 27 Mei 2022, 12:23 WIB
Keberadaan anak Ridwan Kamil, Emeril Khan belum diketahui hingga saat ini. Pencarian terus...
Instagram @ataliapr/ @emmerilkahn

Keberadaan Anak Ridwan Kamil, Emeril Khan belum Ditemukan

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 27 Mei 2022, 11:24 WIB
Hingga pukul 11.00 WIB nasib Emmeril Khan Mumtadz belum...
dok.ist

Kementan - DPR Tingkatkan Kapasitas Petani Milenial Kubu Raya

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 11:18 WIB
KOMANDO Strategis Pembangunan Pertanian (KostraTani) menjadi gerakan pembaharuan pembangunan pertanian yang terus didengungkan Kementerian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya