Selasa 29 Juni 2021, 08:20 WIB

Kunjungan ke Candi Borobudur Ditutup Sementara

Agus Utantoro | Nusantara
Kunjungan ke Candi Borobudur Ditutup Sementara

MI/Agus Utantoro
Kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur disetop mulai hari ini, Selasa (29/6)

 

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) menutup sementara operasiona Taman Wisata Candi Borobudur di Magelang mulai hari ini, Selasa (29/6).

Plt. GM Unit Borobudur, Jamaludin Mawardi, dalam rilis yang dikirim melalui Kantor Pusat PT TWC di Prambanan, Selasa mengatakan penutupan itu dilakukan menyusul adanya penetapan Kabupaten Magelang menjadi zona merah sejak Senin (28/6).

Ia menjelaskan, penutupan ini untuk mendukung pelaksanaan PPKM Mikro dalam rangka mencegah lajunya penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Magelang sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Nomor 440.1/1926/01.01/2021 tanggal 28 Juni 2021 tentang pelaksanaan Gerakan Eling lan Ngelingke (ingat dan saling mengingatkan) serta Surat Edaran Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

"Menindaklanjuti arahan Bupati Magelang dengan memperhatikan perkembangan situasi epidemiologi di wilayah tersebut, maka TWC mendukung penutupan sementara objek destinasi wisata TWC Borobudur dan berharap melalui penutupan ini bisa ikut berpartisipasi dalam proses pemulihan pandemi serta ekonomi di Kabupaten Magelang," kata Jamaludin Mawardi.

Selama penutupan ini, lanjutnya, PT TWC juga terus melakukan kegiatan preventif dalam mengurangi upaya penyebaran Covid-19. Hal ini dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan serta melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan destinasi sebagai bentuk komitmen terhadap sertifikasi CHSE yang kami terima dari Kemenparekraf.

Terkait dengan adanya penutupan operasional, pelanggan yang ingin bertanya berkaitan dengan ticketing PT TWC dapat menghubungi Call Center di nomer 0811 2688 000.

"Semoga upaya yang dilakukan oleh Pemerintah dapat tercapai dan didukung oleh semua pihak sehingga kondisi dapat segera membaik, perekonomian dan dunia pariwisata menyusul pulih kembali," harapnya.

Sebelummya, Taman Wisata Candi Ratu Boko menutup sebagian area wisata dan pengunjung hanya dapat sampai di zona-2. Pembatasan kunjungan di Taman Wisata Ratu Boko ini berlangsung hingga 2 Juli. Hal yang sama juga dilakukan Taman Wisata Candi Prambanan yang memberlakukan pembatasan kunjungan hanya sampai di zona-2. Pembatasan di Candi Prambanan ini juga berlaku hingga 2 Juli.

Sedangkan BPCB, menutup kunjungan wisata di Candi Banyunibo, Candi Prambanan, Candi Sambisai, Candi Sari, Candi Kalasan, Candi Barong, Candi Gebang, Candi Ijo, Candi Kedulan, Candi Ratu Boko dan Situs Warung Boto. Penutupan juga berlangsung hingga 2 Juli mendatang. (OL-13)

Baca Juga: Operasi Berjalan Sukses, Dembele Dipastikan Absen 4 Bulan

Baca Juga

Dok. Pribadi

Gubernur Papua Jalani Perawatan, Layanan Publik dan Pemerintahan Papua Tetap Berjalan Normal

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:35 WIB
"Jadi jika ada anggapan seakan-akan ada kevakuman pemerintahan, itu tidak benar. Berbagai agenda pemerintahan berjalan lancar,...
Ist

Yayasan Amirul Ummah Salurkan 5.000 Alquran di Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:21 WIB
Sebanyak 5.000 Al Qur’an disalurkan untuk masyarakat yang membutuhkan. Lokasi meliputi tempat-tempat pengajian serta masjid dan...
ANTARA

Mengulik Kesiapan Sulbar Jadi Penyangga IKN 

👤Hartanto, Pranata humas muda pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mamasa, Sulbar 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:15 WIB
SULAWESI Barat mulai mempersiapkan diri menjadi daerah utama penyangga ibu kota nusantara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya