Minggu 27 Juni 2021, 18:21 WIB

Kebutuhan Hewan Kurban di Padang Meningkat

Yose Hendra | Nusantara
Kebutuhan Hewan Kurban di Padang Meningkat

MI/Adam DP
Hewan Kurban.

 

JUMLAH kebutuhan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha di Kota Padang, Sumatra Barat, tahun ini diprediksi meningkat 5%-10% dibandingkan dengan 2020. Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat mengatakan, pada 2020, jumlah hewan kurban yang disembelih mencapai 6.828 ekor. Sementara 2019 sebanyak 8.143 ekor. Hewan kurban ini meliputi sapi, kambing, dan kerbau.

Menurut Dinas Pertanian Padang, pada 2021 ini diprediksi jumlah hewan kurban bisa mencapai 8.000 hingga 9.000 ekor. ''Ya, kita memprediksi terjadi peningkatan 5%-10%,'' ujar Syahrial Kamat, Minggu (27/6).

Menurut Syahrial, terjadinya peningkatan hewan kurban tersebut karena roda perekonomian masyarakat sudah mulai bergerak. ''Berbeda dibandingkan dengan tahun 2020 lalu, di mana roda perekonomian masyarakat tidak bergerak,'' tutur Syahrial.

Sementara itu untuk pasokan hewan kurban, selain dipasok dari para peternak di Padang, juga didatangkan dari luar Padang seperti Padangpariaman, Pesisir Selatan, dan daerah lainnya.

Ditambahkan Syahrial, saat ini Dinas Pertanian sedang melakukan sosialisasi Bimbingan Teknis Pemilihan dan Penyembelihan Hewan Kurban ASUH (Aman, Sehat Utuh dan Halal) di sejumlah kecamatan. ''Ada empat kecamatan yang sudah kita berikan Bimtek. Yakni; Kecamatan Koto Tangah, Padang Utara, Kuranji dan Nanggalo. Bimtek ini akan berlanjut ke kecamatan-kecamatan lainnya di Kota Padang,'' jelas Syahrial. (YH/OL-10)
 

Baca Juga

AFP/Putri

Madura United FC Minta KONI-Menpora Investigasi Tragedi Kanjuruhan, jangan PSSI

👤Mohammad Ghazi 🕔Senin 03 Oktober 2022, 17:50 WIB
PRESIDEN Madura United FC, Achsanul Qosasi (AQ), tim investigasi tragedi Kanjuruhan lebih baik diserahkan ke KONI dan Kemenpora, jangan ke...
dok.mi

Plt Bupati Mimika Diduga Terlibat Korupsi Pengadaan Helikopter

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 17:42 WIB
KEJATI papua bersama Kejari Mimika tengah melakukan penyidikan dugaan korupsi pengadaan dua jenis pesawat yang telah dibeli oleh Dishub...
MI/Widjajadi

Tragedi Kanjuruhan Ancam Piala Dunia U-20 2023, Gibran Pasrah

👤Widjajadi 🕔Senin 03 Oktober 2022, 16:34 WIB
Kota Surakarta yang menjadi bagian dari Piala Dunia U-20 saat ini masih melakukan persiapan terbaik sebagai tuan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya