Kamis 24 Juni 2021, 23:54 WIB

RS Adam Malik Tambah Stok Oksigen

Yoseph Pencawan | Nusantara
RS Adam Malik Tambah Stok Oksigen

ANTARA
ES Adam Malik, Medan, Sumatera Utara menambah stok oksigen.

 

RUMAH Sakit (RS) Adam Malik, di Kota Medan, Sumatera Utara mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan kebutuhan tabung oksigen untuk pasien Covid-19 dengan menambah stok hingga tiga kali lipat. Koordinator Substansi Pelayanan Penunjang RSUP HAM dr. Merlin Sikumbang memastikan pihaknya tidak mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan oksigen untuk pasien Covid-19.

"Kalau di rumah sakit kita Alhamdulillah sampai hari ini masih cukup. Dalam pengadaan oksigen, RS Adam Malik bekerja sama dengan pihak ketiga dan berkonsolidasi dengan rumah sakit lain" ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (24/6). 

Selama pandemi berlangsung, kebutuhan tabung oksigen di rumah sakitnya mengalami peningkatan karena diperlukan untuk perawatan pasien korona. Terlebih, RS Adam Malik menjadi salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Sumatera Utara.

Pada Maret 2021, RS Adam Malik menambah jalinan kerja sama dengan pihak ketiga yang lain karena mengalami peningkatan kebutuhan tabung oksigen. Penambahan vendor tabung oksigen dinilai diperlukan karena RS Adam Malik meyakini jika tidak dilakukan, maka stok tidak akan cukup.

"Stok kita perbanyak jumlahnya. Penambahan sampai tiga kali lipat hingga akhir tahun," terangnya.

Sepanjang 2020, RS Adam Malik merawat paling banyak 65 orang pasien korona setiap hari. Namun mulai Februari, Maret, April sampai puncaknya pada Mei 2021, rumah sakit ini merawat pasien korona hingga lebih dari 100 orang. "Mulai Maret kami melihat kurvanya (peningkatan pasien) mulai meningkat sehingga kami melakukan penambahan stok," ujarnya.

Meskipun mulai Juni jumlah pasien sudah mengalami penurunan tetapi RS Adam Malik tetap menyiagakan stok tabung oksigen sesuai penambahan. (OL-15)

Baca Juga

Antara

Sabu Dua Kilogram Asal Malaysia Dimusnahkan Polres Bintan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 06 Agustus 2021, 01:00 WIB
Kapolres menjelaskan bahwa penetapan status barang bukti berupa narkotika jenis sabu tersebut seberat 1.878,16 gram atau mendekati dua...
Antaranews.com

Pemda DIY Laporkan Kasus Sembuh Covid-19 Bertambah 1.138

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 05 Agustus 2021, 23:55 WIB
Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat jumlah pasien yang sembuh dari COVID-19 di wilayah itu pada Kamis ini bertambah 1.138...
MI/ Palce Amalo

PLN Bangun 3 Tower Listrik di NTT yang Diterjang Badai Seroja

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 05 Agustus 2021, 23:34 WIB
PLN menyebut, beroperasinya tiga tower permanen ini membuat kelistrikan di Pulau Timor menjadi lebih...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Olimpiade Jadi Tujuan Utama Pembinaan Atlet

INDONESIA berhasil mendapatkan lima medali di Olimpiade 2020 yang digelar di Tokyo, Jepang.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya