Selasa 22 Juni 2021, 15:14 WIB

Klaten Zona Merah Covid-19 Lagi

Djoko Sardjono | Nusantara
Klaten Zona Merah Covid-19 Lagi

MI/Djoko Sardjono.
Alun-alun Klaten.

 

KLATEN kini kembali zona merah persebaran covid-19. Tingkat keterisian tempat tidur pasien dan ruang ICU sudah mengkhawatirkan.

"Klaten sekarang zona merah covid-19 seiring dengan peningkatan kasus terkonfirmasi positif dalam beberapa hari terakhir," kata Bupati Klaten Sri Mulyani di Gedung Sunan Pandanaran (RSPD) Klaten, Selasa (22/6).

Ditemui usai memantau vaksinasi massal di gedung pertemuan tersebut, Sri Mulyani menambahkan kondisi yang mengkhawatirkan saat ini ialah BOR (bed occupancy rate) di rumah sakit. Pemkab Klaten telah menyiapkan 12 rumah sakit rujukan pasien covid-19 dengan jumlah total 330 tempat tidur. Adapun BOR (tinggkat keterisian tempat tidur) pasien kini sudah hampir penuh.

Karena itu, Bupati Sri Mulyani meminta tempat tidur di rumah sakit rujukan pasien covid-19 untuk ditambah. Pun bed di tempat isolasi terpusat di tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten.

"Namun, ada satu rumah sakit lagi yang khusus untuk pasien covid-19. Rumah sakit dengan 50 tempat tidur itu ialah RS PKU Prambanan yang saat ini belum dioperasikan," ujar Sri Mulyani.

Di sisi lain, dikatakan warga terkonfirmasi positif yang menjalani isolasi mandiri di rumah yang membandel masih bepergian akan dijemput paksa petugas dan dipindahkan ke tempat isolasi terpusat. "Sekali pun zona merah, Klaten belum perlu lockdown. Namun, untuk pengendalian covid-19 tempat wisata ditutup dan pengawasan pedagang pada malam hari lebih diperketat lagi," pungkasnya.

Satgas Penanganan  Covid-19 Klaten, Senin (21/6), melaporkan total kasus positif mencapai 10.665 orang. Dari jumlah itu, 8.903 sembuh, 1.094 menjalani perawatan, dan 668 meninggal dunia. (OL-14)

Baca Juga

MI/Dok Humas Polresta Palangka Raya

Sambil Beri Edukasi Prokes, Polresta Palangka Raya Bagikan Masker Gratis

👤Surya Sriyanti 🕔Senin 02 Agustus 2021, 09:49 WIB
Berdasarkan Data Satgas Covid-19 Kalteng, Kota Palangka Raya menempati urutan tertinggi di Kalteng untuk jumlah pasien...
ANTARA/Fikri Yusuf

Jumlah Warga yang Telah Dapat Vaksin Covid-19 Dosis Kedua di Bali Hampir 1 Juta

👤Arnoldus Dhae 🕔Senin 02 Agustus 2021, 08:59 WIB
Gubernur Bali I Wayan Koster sesungguhnya membulatkan target penduduk di Bali yang akan divaksin sebanyak 3 juta orang dari total penduduk...
MI/Djoko Sardjono

Ratusan Pasien Covid-19 Klaten Dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 02 Agustus 2021, 08:02 WIB
Evakuasi warga berstatus orang tanpa gejala (OTG) atau bergejala ringan ke Asrama Haji Donohudan itu merupakan pelaksanaan manajemen...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya