Sabtu 12 Juni 2021, 23:04 WIB

Menteri PUPR Pastikan Pintu Air Demangan Bebaskan Solo dari Banjir

Widjajadi | Nusantara
Menteri PUPR Pastikan Pintu Air Demangan Bebaskan Solo dari Banjir

MI/Widjajadi
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau proyek pengendalian banjir Pintu Air Demangan didampingi Wali Kota Gibran Rakabuming Raka.

 

UPAYA Pemkot Surakarta membebaskan pemukiman kota bagian timur dan tenggara dari banjir limpasan anak sungai Bengawan Solo, semakin kongkret. Hal ini seiring dilaksanakanya penggeseran pintu lama Demangan ke yang baru senilai Rp70 miliar. Saat ini progres fisiknya sudah mencapai 60%.

"Mudah-mudahan tahun ini bisa selesai. Ini sudah 60%. Dan mudah-mudahan bersamaan penataan sungai, maka kawasan pemukiman setempat mulai bebas banjir," tegas Menteri Pekerjaan Umum dan Pemukiman Perumahan (PUPR) Basuki Hadimuljono di sela-sela peninjauan proyek pintu air Demangan, Kampung Sewu, Solo, Sabtu (12/6).

Proyek pemindahan pintu Demangan dan penataan sungai Pepe ini menelan Rp70 miliar. Sementara untuk pintu air Demangan lama tidak dibongkar, tapi dijadikan heritage, dan ditata menggunakan anggaran Rp80 miliar.

Baca Juga: ovember, Puan Berharap Pegadang Kembali ke Pasar Legi

Dia paparkan, Pintu Air Demangan punya fungsi pokok pengendali banjir. Ketika pintu air lama sudah tidak layak, Pemkot Surakarta meminta tolong Pemerintah Pusat untuk membuatkan pintu air baru yang lebih mampu mengendalikan.

"Kita cek pintu Demangan lama itu memang sudah tidak layak. Kemudian dengan adanya perubahan iklim debit Sungai Bengawan Solo menjadi besar saat musim hujan dan gampang meluap, maka pintu air Demangan harus digeser," tandas Basuki.

Dia tegaskan, secara teknis, pintu air akan dioperasikan ketika debit Bengawan Solo meninggi. Karena itu untuk mengendalikan, dibuatkan enam pompa yang dioperasikan untuk memompa air dari Kali Pepe. Enam pompa itu terdiri 5 pompa utama dan satu cadangan.

Wali Kota Gibran Rakabuming Raka yang mendampingi Menteri PUPR Basuki mengatakan, Pemkot mempersiapkan proyek heritage pintu air Demangan lama segera mungkin setelah pembangunan pintu air Demangan baru selesai dilakukan. (WJ/OL-10)

Baca Juga

MI/Dok Humas Polresta Palangka Raya

Sambil Beri Edukasi Prokes, Polresta Palangka Raya Bagikan Masker Gratis

👤Surya Sriyanti 🕔Senin 02 Agustus 2021, 09:49 WIB
Berdasarkan Data Satgas Covid-19 Kalteng, Kota Palangka Raya menempati urutan tertinggi di Kalteng untuk jumlah pasien...
ANTARA/Fikri Yusuf

Jumlah Warga yang Telah Dapat Vaksin Covid-19 Dosis Kedua di Bali Hampir 1 Juta

👤Arnoldus Dhae 🕔Senin 02 Agustus 2021, 08:59 WIB
Gubernur Bali I Wayan Koster sesungguhnya membulatkan target penduduk di Bali yang akan divaksin sebanyak 3 juta orang dari total penduduk...
MI/Djoko Sardjono

Ratusan Pasien Covid-19 Klaten Dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 02 Agustus 2021, 08:02 WIB
Evakuasi warga berstatus orang tanpa gejala (OTG) atau bergejala ringan ke Asrama Haji Donohudan itu merupakan pelaksanaan manajemen...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya