Kamis 10 Juni 2021, 14:41 WIB

Klaster Ponpes Muncul di Banjarnegara

Lilik Darmawan | Nusantara
Klaster Ponpes Muncul di Banjarnegara

DOK MI
Ilustrasi

 

KLASTER pondok pesantren (ponpes) muncul di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng). Dari 100 santri sebuah ponpes yang dites PCR, ada 57 yang positif covid-19. Umumnya mereka hanya mengalami gejala ringan dan tanpa gejala.

"Dari 100 santri yang dites PCR, ada 57 orang yang positif covid-19. Pada umumnya, hanya bergejala ringan dan sebagian lainnya tanpa gejala atau OTG," jelas Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Kamis (10/6).

Dijelaskan Bupati, pihaknya baru mendapat kabar dari RSUD Margono Soekarjo Purwokerto, bahwa dari 100 sampel yang dikirim ke RS, ternyata lebih dari setengahnya positif. “Pemkab Banjarnegara mengambil langkah untuk melakukan karantina untuk santri tanpa gejala. Karantina dilaksanakan selama 14 hari," katanya.

Selain itu, bagi santri yang mengalami gejala ringan, akan dilakukan pemeriksaan dan pengobatan. "Mereka dirawat dan diobati, supaya segera sembuh dari covid-19," ujar dia.

Bupati meminta kepada Dinkes, BPBD dan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk melaksanakan sterilisasi terhadap gedung ponpes yang santrinya positif tersebut. "Kami minta untuk Dinkes, BPBD dan PMI untuk melakukan sterilisasi di ponpes tersebut. Sehingga ponpes bida digunakan secara aman dan nyaman," jelas Bupati. (OL-15)
 

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Kasus Covid-19 di Klaten Melonjak Lagi, 146 Orang Positif

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 15 Juni 2021, 08:35 WIB
KASUS covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, kembali melonjak, Senin (14/6). Kali ini, kasus terkonfirmasi positif sebanyak 146...
MI/Furqon

Sehari, Positif Covid di DIY Tambah 428 Kasus

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 15 Juni 2021, 08:30 WIB
SELAMA  hari Senin (14/6/2021), di DIY angka penambahan terkonfirmasi positif covid-19 mencapai 428 kasus. Dengan penambahan ini,...
Ilustrasi

Seleksi Sekda Kabupaten Jembrana Bali Digelar Secara Terbuka

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 15 Juni 2021, 07:15 WIB
Dari 5 peserta tersebut, ada satu orang dinyatakan gugur yakni peserta atas nama Komang Agus Adinata karena tidak melengkapi syarat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pengelola Nakal di Hunian Vertikal

TREN masyarakat tinggal di hunian vertikal terus meningkat dalam lima tahun belakangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya