Rabu 26 Mei 2021, 08:30 WIB

PT WTR Gelar The First Road Rescue Competition 2021

Supardji Rasban | Nusantara
PT WTR Gelar The First Road Rescue Competition 2021

dok.Humas TWR
Tim Rescue sedang beraktivitas di Tol Pejagan-Pemalang.

 

KECELAKAAN yang kerap terjadi di jalan tol, menjadi perhatian PT Waskita Toll Road (WTR). Untuk menekan kerap terjadinya kecelakaan di jalan tol
tersebut pihak WTR melakukan sejumlah upaya, seperti menggelar The First Road Rescue Competition 2021.

Kepala Cabang ruas Pejagan-Pemalang Tol Road (PPTR) Ian Dwinanto, menyampaikan pelaksanaan The First Road Rescue Competition 2021 merupakan bentuk peningkatan kualitas kemampuan, ketangkasan, penyelamatan dan evakuasi korban kecelakaan tim rescue dan medis dalam melaksanakan tugas pelayanan.

"Langkah itu juga sejalan dengan semangat lengoperasian jalan tol yang berkelanjutan yang dimandatkan dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM)," ujar
Ian, melalui keterangan resmi yang diterima, Rabu (26/5/2021).

Ian menuturkan dalam The First Road Rescue Competition 2021 ada sejumlah kriteria penilaian, yang terkait dengan kecepatan waktu dan ketepatan peralatan yang digunakan tim rescue dalam menolong secara tepat korban kecelakaan.

"Pada event yang pertama diadakan tahun ini, ada 10 ruas jalan tol yang dikelola oleh 10 anak perusahaan Waskita Toll Road yang ikut dalam kompetensi ini," terang Ian.

Dia ingin dengan lomba rescue competence seluruh tim rescue yang berpartisipasi dapat meningkatkan profesional perfomance. Terutama dalam
menolong pada korban kecelakaan.

"Lomba dinilai juri secara komprehensif, baik dari internal WTR maupun dari pihak ahli dari eksternal. Juri eksternal diantaranya dr. Gustav dari Jerman, Franco dari Australia dan Belanda. Jadi standar penanganan yang dinilai sudah secara internasional," jelasnya.

Ian meyakini bisa mendapatkan hasil yang maksimal di ajang tersebut. "Selain prestisius, ajang itu bisa jadi tolak ukur kalau kita selalu siap dalam melakukan pelayanan dan kita juga perlu dapat kepercayaan publik," paparnya.

Manager Quality Healty Safety Environment WTR, Carolina Manurung, menyampaikan The First Road Rescue Competition 2021 digelar untuk mengukur tingkat profesionalitas 10 tim rescue seluruh ruas yang dimiliki WTR.

"Tujuan utamanya tidak lain untuk meningkatkan komptensi mereka, karena kita tahu bahwa segala macam kecelakaan dan gangguan lalu lintas itu pasti terjadi, dan berbeda-beda," ujarnya.

Menurut Carolina, nantinya setiap tahun harus selalu ada peningkatan soal yang diberikan dewan juri, jadi kan semakin tahun semakin sulit, jadi semakin cakap juga mereka dalam menanganinya. "Yang menang lomba kali ini bakal ikut gelaran Malaysian Rescue Extrication Challenge 2021," jelas Carolina. (OL-13)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Masyarat Tionghoa Peduli Gelar Donor Darah Bantu Penuntasan DBD di Bandung

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 24 Januari 2022, 23:55 WIB
Masyarakat Tionghoa Peduli sudah menggelar donor darah sejak tahun...
  ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tingkatkan Kemantapan Jalan

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 24 Januari 2022, 23:50 WIB
Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jawa Barat memastikan  akan segera melakukan perbaikan terhadap jalan-jalan provinsi...
FOTO ANTARA/FERI PURNAMA

Jabar Quick Response Sumbang Perahu untuk SDN Ciloma, Sukabumi

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 24 Januari 2022, 23:45 WIB
Siswa SDN Ciloma harus pulang pergi menyeberangi sungai menuju...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya