Senin 17 Mei 2021, 07:26 WIB

Pelaku UMKM Bali Belum Optimalkan Teknologi Informasi

Arnoldus Dhae | Nusantara
Pelaku UMKM Bali Belum Optimalkan Teknologi Informasi

Antara
Ilustrasi pelaku UMKM

 

PELAKU Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bali masih lemah dalam pemanfatan teknologi informasi dalam pengembangan bisnis. Kondisi ini yang menyebabkan mereka susah berkembang dan belum mampu eksis di pasar internasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Warmadewa, I Gede Nyoman Carlos dalam keteranganya, kemarin.

Berdasarkan pengamatan lapangan yang dilakukan Carlos bersama Putu Yudha Asteria Putri dan I Gusti Ayu Ratih Permata Dewi saat melakukan pendampingan PKM di Desa Bona Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar menemukan bahwa kendala proses bisnis UMKM adalah belum memiliki pembukuan untuk menghitung laba rugi, harga pokok produksi dan pencatatan asset yang dimilki, belum memiliki SOP, baik terkait bahan baku maupun alur di dalam proses produksinya.

"Pemasaran dilakukan hanya dengan orang-perorangan, karena rendahnya pengetahuan akan penggunaan sistem e-commerce," paparnya.

Menurut Carlos, UMKM sejauh menjadi penyumbang PDB terbesar di Indonesia. Jika UMKM dapat dikelola dengan baik, maka akan dapat memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap pendapatan domestik suatu negara.

Carlos menyampaikan sudah saatnya UMKM memaksimalkan pemanfaatkan e-commerce untuk mendukung pengembangan bisnis. Langkah awal yang cukup sederhana yang dapat dilakukan adalah pembuatan website dan melakukan pameran-pameran di event-event online di media sosial. (OL-13)

Baca Juga: Gagal di Le Mans Suzuki Bertekad Bangkit di Mugello

 

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Warga Taput Mulai Paham Pentingnya Prokes saat Pandemi Covid -19

👤Januari Hutabarat 🕔Rabu 23 Juni 2021, 06:55 WIB
SEMANGAT masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut, berangsur pulih dengan turunya angka terkonfirmasi covid-19 di daerah itu. Warga juga...
Medcom

Empat Kasus Kekerasan terhadap Pers Terjadi di Sumut Sebulan Terakhir

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:58 WIB
Sebelum kasus pembunuhan Marsal, pada 29 Mei 2021 rumah seorang jurnalis bernama Abdul Kohar Lubis di Kota Pematangsiantar diteror...
DOK

Apps Sumut Bersinar, Cara Baru Polda Sumut Perangi Marak Narkoba

👤 Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:50 WIB
Adalah AKBP Fadris SR Lana, Kasubdit III Ditres Narkoba Polda Sumut, yang menjadi sosok sentral di balik aplikasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya