Selasa 11 Mei 2021, 09:10 WIB

ABG Asal Klaten Pelaku Penerobos Pos Penyekatan Klaten-DIY

Djoko Sardjono | Nusantara
ABG Asal Klaten Pelaku Penerobos Pos Penyekatan Klaten-DIY

MI/Djoko Sardjono
Kapolres AKB Edy Suranta Sitepu didampingi Kasatreskrim AK Andriansyah Rithas Hasibuan menunjukkan surat dan kunci kendaraan VW kuning.

 

PENGENDARA mobil kuning yang menerobos dan melarikan diri saat akan diperiksa petugas di pos perbatasan Jawa Tengah-DI Yogyakarta di Prambanan, Klaten, berhasil diungkap Polres Klaten. Sebelumnya, mobil VW (Volkswagen) berpelat luar daerah yang menerobos dan tancap gas hingga menyerempet jatuh petugas yang akan melakukan pemeriksaan di pos penyekatan itu viral di media sosial.

Kapolres Klaten AKB Edy Suranta Sitepu mengungkapkan, mobil kuning yang kabur saat akan diperiksa petugas di pos perbatasan Jateng-DIY itu dikendarai anak baru gede (ABG) asal Klaten Utara. Kronologi kejadian mobil VW menerobos pos penyekatan kendaraan luar daerah itu sekitar pukul 16.20 WIB. Lantaran tidak mau diperiksa, mobil tancap gas hingga menyerempet jatuh salah satu anggota.

"Ketika itu, mobil VW kuning berpelat B 2318 STB tidak mau dihentikan dan berusaha menyelinap di antara kendaraan yang datang dari Yogyakarta. Saat dihadang dan dihentikan itu mobil tancap gas," jelasnya.

Pengejaran pun dilakukan bersama personel Brimob Polda Jateng yang diperbantukan dalam Operasi Ketupat Candi 2021 Polres Klaten. Sekitar satu kilometer mobil kuning yang kabur itu berhasil dihentikan. Untuk penyelidikan, pengendara dan mobil digelandang ke Polres Klaten. Setelah dilakukan pemeriksaan diketahui pelaku masih ABG berinisial ADD, 16, pelajar kelas dua di salah satu SMA Negeri di Klaten.

"Kasus ADD, warga Gergunung, Klaten Utara, itu kini masih berproses.  Tentu, yang bersangkutan kita tindak tilang karena tidak memiliki SIM atau surat izin mengemudi,â€? kata Edy Sitepu kepada pers, Senin (10/5).

baca juga: Klaten

Selain itu, ADD juga diproses pidananya dengan Pasal 212 dan Pasal 335 KUHP. Karena masih di bawah umur, untuk pemeriksaan pelaku diterapkan diversi, yakni dengan melibatkan Bapas Lapas Klaten. Adapun motif ADD nekat menerobos dan kabur melarikan diri saat dihentikan petugas di pos perbatasan Jateng-DIY di Prambanan, karena takut diperiksa dan dimintai KTP, SIM, dan surat-surat lainnya.

"Orangtua pelaku yang mendampingi saat dilakukan pemeriksaan petugas di Polres Klaten pun menyesal, karena membiarkan anaknya yang masih di bawah umur itu mengendarai mobil," kata Kapolres Klaten. (OL-3)

 

Baca Juga

Medcom

Empat Kasus Kekerasan terhadap Pers Terjadi di Sumut Sebulan Terakhir

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:58 WIB
Sebelum kasus pembunuhan Marsal, pada 29 Mei 2021 rumah seorang jurnalis bernama Abdul Kohar Lubis di Kota Pematangsiantar diteror...
DOK

Apps Sumut Bersinar, Cara Baru Polda Sumut Perangi Marak Narkoba

👤 Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:50 WIB
Adalah AKBP Fadris SR Lana, Kasubdit III Ditres Narkoba Polda Sumut, yang menjadi sosok sentral di balik aplikasi...
DOK

Proses Hukum Kasus Narkoba Sekda Nias Utara Diminta tetap Berjalan

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:40 WIB
Sebagai ASN tertinggi di Nias Utara seharusnya Yafeti menjadi teladan bagi masyarakatnya. Bukan malah melakukan tindakan tidak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya