Selasa 11 Mei 2021, 01:00 WIB

Wisata Kepri Dibuka Agustus Sasar Turis Singapura

Insi Nantika Jelita | Nusantara
Wisata Kepri Dibuka Agustus Sasar Turis Singapura

Kemenparekraf
Sandiaga Uno

 

PEMPROV Kepulauan Riau (Kepri) berencana membuka perbatasan secara terbatas lewat skema gelembung perjalanan atau travel bubble antara Singapura dengan Lagoi di Bintan dan Nongsa di Batam baru dibuka pada Agustus.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, rencana pembukaan wilayah itu ditujukan bagi wisatawan atau pelaku usaha dari Singapura sebagai target pemerintah.

"Kawasan (Lagoi) ini juga memiliki kedekatan jarak dengan Singapore sebagai negara fokus pasar utamanya," ucapnya dalam Weekly Briefing Media secara virtual, Senin (10/5).

Sandiaga menjelaskan, berdasarkan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) sementara Kemenparekraf, kawasan wisata Bintan Resort Cakrawala di Lagoi Bintan saat ini dianggap memenuhi kriteria aman dalam menerima turis asing dengan tingkat positivity rate covid-19 di bawah 5%.

"Daerah ini juga merupakan kawasan enclave dan tidak bersinggungan langsung dengan penduduk. Ada sistem protokol kesehatan yang baik, terdapat pembagian zonasi dalam kawasan, dan dukungan layanan kesehatan yang sangat memadai," tandasnya 

Politisi Gerindra itu menuturkan, segala persiapan pembukaan wilayah untuk wisatawan mancanegara akan dikoordinasikan dengan Kementerian Luar Negeri dan lembaga terkait lainnya.

Sebelumnya, Sandiaga menyebut pemerintah juga berencana membuka koridor perjalanan untuk turis atau travel corridor arrangement (TCA) dengan dua negara di Timur Tengah, yakni Uni Emirat Arab (UEA) dan Qatar.

"Indonesia melalui Kemenlu juga sedang menjajaki kerja sama unilateral dengan negara fokus pasar, khususnya yang memiliki TCA dengan Indonesia, maupun negara potensial market yang sukses dalam penanganan pandemi," tuturnya.

Juni atau Juli pun masih ditargetkan pemerintah untuk mewujudkan konsep TCA atau travel bubble dengan menggarisbawahi bahwa daerah dan negara yang dituju dinilai telah bisa mengendalikan kasus covid-19 atau tidak masuk dalam zona merah. (OL-8)

Baca Juga

MI/Tosiani

Hampir 12 Ribu Guru di Temanggung Sudah Divaksin Covid-19

👤Tosiani 🕔Minggu 20 Juni 2021, 10:45 WIB
Jumlah itu telah mencapai lebih dari 80% target vaksinasi untuk kalangan pendidik sebagai persiapan rencana pembelajaran tatap...
MI/Ignas Kunda

Pelayan di Nagekeo Diduga Tewas Saat Pesta Miras

👤Ignas Kunda 🕔Minggu 20 Juni 2021, 10:30 WIB
Rovina ditemukan dalam kondisi kritis oleh warga di Cokelat Cafe kemudian dibawa ke Puskesmas...
ANTARA FOTO/Jojon

Covid-19 di Kendari Terkendali, Munas Kadin Sesuai Jadwal

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 20 Juni 2021, 10:14 WIB
Pemkot Kendari menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional (Munas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin)...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perlindungan Ganda terhadap Virus Korona dan Flu

DALAM perlombaan vaksin, perusahaan AS Novavax terlambat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya