Senin 10 Mei 2021, 19:52 WIB

Kelistrikan NTT Pulih 100 Persen Pascasiklon Seroja

Palce Amalo | Nusantara
Kelistrikan NTT Pulih 100 Persen Pascasiklon Seroja

MI/Palce Amalo
Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik di NTT yang rusak akibat hantaman Siklon Seroja.

 

JARINGAN listrik di Nusa Tenggara Timur yang mengalami kerusakan akibat hantaman Siklon Seroja telah pulih 100 persen. Sebanyak 4.002 gardu yang terdampak badai berhasil diperbaiki atau diganti dan 635 ribu pelanggan kini telah menikmati listrik PLN kembali.

PLN menghadapi kendala yg sangat kompleks mulai dari area kerusakan yang sangat luas, kerusakan infrastruktur pendukung seperti jalan dan pelabuhan, cuaca yg masih tak menentu sehingga mengganggu penyediaan material pengganti, sampai dengan keterbatasan alat-alat berat di titik-titik tersulit. Meski demikian, pada Minggu (9/5) pukul 19.38 Wita, PLN akhirnya berhasil memulihkan seluruh jaringan yang rusak sehingga pelanggan dapat kembali menikmati listrik.

"Seluruh gardu yang terdampak telah berhasil dipulihkan. Gardu terakhir di Raijua berhasil dinyalakan pada Minggu (9/5). Ini berarti kelistrikan di NTT sudah seluruhnya pulih," ujar Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara Syamsul Huda  dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual, Senin (10/5).

Lebih lanjut Huda mengatakan, dengan pulihnya aliran listrik PLN di Raijua, aktivitas masyarakat dapat normal kembali dan geliat ekonomi di Raijua bisa bangkit kembali. "Ekonomi di lokasi bencana biasanya meningkat bangkit lebih baik sebelum terjadinya bencana. Karena masyarakat semakin produktif, pemakaian listrik meningkat dan ekonomi menggeliat," tutur Huda.

Huda juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu mempercepat pemulihan kelistrikan di NTT. "Pemulihan ini tidak lepas dari kerja keras yang dilakukan oleh tim  gabungan PLN sebanyak 1.812 personil. Kami berterima kasih atas dukungan seluruh stakeholder dan masyarakat yang diberikan kepada kami, sehingga petugas dapat menyelesaikan perbaikan secara bertahap sampai pulau terdepan yaitu Pulau Raijua," tambah Huda.

Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Provinsi NTT, Ir. Semuel Rebo, turut menyampaikan apresiasinya kepada PLN yang telah bekerja keras memulihkan kelistrikan NTT. "Hal luar biasa ditunjukkan oleh PLN yang sejak hari pertama telah bekerja keras memulihkan kelistrikan. Setiap hati selalu ada progres. Ini tidak mudah membawa peralatan ke sana," jelas Rebo.

Hal senada disampaikan Camat Raijua, Titus Bernadus Duri yang  menyampaikan apresiasinya kepada PLN yang telah berhasil memulihkan kelistrikan di wilayahnya. "Kami melihat petugas PLN bekerja keras, dengan menggunakan tenaga secara manual, material dibawa ke pulau ini. Apalagi General Manager PLN NTT terjun langsung ke lapangan. Terima kasih PLN," ucap Titus. (OL-15)

 

Baca Juga

Ist

Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru, Human Initiative Kerahkan Personel Tambahan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 21:09 WIB
Human Initiative menerjunkan tim tambahan ke lokasi terdampak sebanyak tiga unit ambulans dan 15 personel untuk membantu pencarian...
Istana Kepresidenan/Agus Suparto

Korban Meninggal jadi 34 Orang dan 22 Dinyatakan Hilang Akibat Bencana Semeru

👤kautsar bobi 🕔Selasa 07 Desember 2021, 20:55 WIB
Selain itu, untuk korban luka berat tercatat sebanyak 22 orang. Adapun luka ringan dan sedang sebanyak 82 orang yang telah dirawat di...
ANTARA

Sejumlah Alat Deteksi Dini Tsunami di Pantai Selatan Cianjur Rusak

👤Benny Bastiandy/Budi Kansil 🕔Selasa 07 Desember 2021, 20:39 WIB
SEJUMLAH alat deteksi dini (early warning system) tsunami di pesisir pantai selatan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengalami...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya