Sabtu 08 Mei 2021, 23:02 WIB

Gus Menteri Minta Desa Wisata untuk Terapkan Protokol Kesehatan

Micom | Nusantara
Gus Menteri Minta Desa Wisata untuk Terapkan Protokol Kesehatan

Dok Kementerian PDTT
.

 

MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar meminta desa-desa wisata yang dibuka saat libur Lebaran agar menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan.
 
“Yang penting prokesnya, terus fasilitas cuci tangan dan lain-lain disiapkan. Karena kalau tidak dibuka ya kasihan juga, dan BUMDes butuh juga,”  ungkapnya saat  melakukan kunjungan kerja ke Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (8/5).

Baca juga: BUM-Desa Sukses di Sudut Kecamatan Majalaya
 
Kunjungan Abdul Halim Iskandar atau yang akrab disapa Gus Menteri ke Desa Ketapanrame tersebut dalam rangka meninjau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ketapanrame, serta monitoring pendataan SDGs Desa.
 
Adapun unit-unit usaha yang ada dikelola BUMDes Ketapanrame sangat beragam, ada unit jasa pengelolaan air minum, pengelolaan kebersihan lingkungan, pengelolaan wisata, pengelolaan kios dan kandang ternak, serta unit simpan pinjam dan kemitraan.
 
Melihat hasil yang dikelola BUMDes serta perputaran uang di Desa Ketapanrame, Gus Menteri sangat mengapresiasi kerja keras yang dilakukan pemerintah desa untuk memakmurkan warga desa.
 
“Pokoknya duit tidak boleh keluar ya, sudah benar itu, harus berputar di desa. Semakin desanya makmur, semakin kecil perantaunya,” ungkapnya.

Baca juga: Meski di Luar Negeri, Pekerja Migran Wajib Rasa Manfaat Dana Desa

Selain itu, Gus Menteri juga mengatakan, setelah melalui proses di Kemenkumham selesai, kedudukan BUMDes setara dengan Perseroan Terbatas (PT), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), hanya levelnya saja yang di desa.
 
“Unit usaha air minum itu (Desa Ketapanrame) nanti akan legal dengan adanya badan hukum BUMDes, nanti bisa setara dengan PDAM,” ungkapnya. (X-10)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Kalteng Hentikan Covid-19 Lewat Vaksinasi Menyeluruh

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 10:56 WIB
Percepat vaksinasi Covid-19 untuk mencapai target herd imunnity masyarakat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus...
MI/Reza Sunarya

Tekan Penyebaran Covid, Kota Denpasar Adakan Tes Antigen di Area Publik

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 08:35 WIB
PEMKOT Denpasar menyiapkan antisipasi untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan melakukan swab antigen di tempat...
MI/Dok Humas Pemkab Brebes

Ganjar Ajak Minum Jamu untuk Tingkatkan Imun se-Jateng

👤Supardji Rasban 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 08:25 WIB
UPAYA mengatasi kasus Covid-19 yang di Jawa Tengah saat ini melonjak, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, memelopori gerakan minum jamu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya