Selasa 04 Mei 2021, 18:20 WIB

Purwakarta Antisipasi Covid-19 Asal Pekerja Migran Indonesia

Reza Sunarya | Nusantara
Purwakarta Antisipasi Covid-19 Asal Pekerja Migran Indonesia

MI/Reza Sunarya
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika (kiri)

 

PEMERINTAH Kabupaten Purwakarta Jawa Barat melakukan langkah antisipasi kepulangan pekerja migran Indonesia (PMI) jelang lebaran 2021. Antisipasi dilakukan karena para PMI beresiko membawa virus covid 19 dari negara tempat para PMI bekerja.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, mengatakan, kepulangan PMI ini harus diantisipasi sejak dini. Pasalnya, sampai saat ini sebaran Covid-19 masih belum terkendali.

"Kami sudah instruksikan semua kepala desa dan camat untuk melakukan pendataaan di wilayah masing-masing. Pendataan ini, terkait PMI yang kembali ke Purwakarta. Kepala desa dan camat juga diminta menyiapkan ruang isolasi mandiri," kata Anne, Selasa (4/5).

Anne menyebutkan, dari 17 kecamatan di Purwakarta, 7 diantaranya  merupakan kantong-kantong PMI. Ketujuh kecamatan tersebut adalah Sukasari, Tegalwaru, Darangdan, Bojong, Wanaysa, Maniis, dan Plered.

Bupati meminta aparat kecamatan dan kepala desa yang menjadi kantong PMI harus gerak cepat bahkan proaktif turun ke masyarakat untuk mendata warga. Setelah itu, setiap desa harus memiliki ruang isolasi mandiri.

Dikatakan Anne, Saat ada PMI yang pulang, warga itu akan dimintai keterangan. Apakah dia sudah di periksa di Bandara Soetta, sudah mendapat pemeriksaan swab antigen, atau sudah di isolasi mandiri belum di Wisma Atlet.

"Jika ada PMI yang lolos dari syarat-syarat itu, maka pemerintahan desa atau kecamatan segera berkoordinasi dengan tim Satgas Covid kabupaten untuk dilakukan langkah selanjutnya. Hal ini, guna mengantisipasi sebaran virus korona dari luar negeri yang dibawa oleh PMI," ungkapnya. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/ADAM DWI

Atensi Moeldoko untuk Pekerja Migran, Bukti Hadirnya Negara

👤Media Indonesia 🕔Kamis 06 Mei 2021, 15:40 WIB
Sikap KSP yang memberikan perhatian kepada PMI tersebut wajar dilakukan para pengemban amanah pemerintahan yang sadar akan peran setiap...
MI/Dwi Apriani

KKB Teroris Papua Kian Brutal, Aparat Dituntut Lebih Tegas

👤Media Indonesia 🕔Kamis 06 Mei 2021, 15:20 WIB
Konsekuensi dan komitmen tegas dari aparat TNI dan Polri ialah melakukan penyisiran dan membasmi para...
MI/RAMDANI

Polda Klarifikasi Video Viral Protes Bus di KM 31 Tol Japek

👤Prasetyo Proyogo/Putri Lukman 🕔Kamis 06 Mei 2021, 14:36 WIB
“Para penumpang bus karyawan itu tidak mau keluar di pintu tol selanjutnya, jadi pada protes. Padahal tujuannya agar tidak crossing....

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya