Kamis 29 April 2021, 12:08 WIB

Dinas Kominfo Siap Bantu Pasang VSAT di 4 Kampung di Kemtuk Gresi

mediaindonesia.com | Nusantara
Dinas Kominfo Siap Bantu Pasang VSAT di 4 Kampung di Kemtuk Gresi

DOK PEMKAB JAYAPURA

 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, di Ruang Kerjanya, Rabu (28/4/2021), memberikan arahan pada saat ditemui empat kepala kampung yang ada di Distrik Kemtuk Gresi, guna membahas pemasangan VSAT. 
 


DINAS Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jayapura siap mendukung dan membantu pemasangan VSAT (Very Small Aperture Terminal) di empat kampung yang ada di Distrik Kemtuk Gresi.

VSAT adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Pemasangan VSAT itu untuk memberikan pelayanan internet di daerah pelosok yang tidak ada jaringan telekomunikasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon mengungkapkan, mendukung dan membantu pemasangan VSAT, serta mengedukasi bukan hanya di empat kampung yang ada di Distrik Kemtuk Gresi saja. Tetapi, seluruh kampung atau wilayah yang ada di Kabupaten Jayapura.

"Kalau dari Dinas Kominfo, pada prinsipnya kami siap untuk mendukung dan membantu pemasangan VSAT, serta mengedukasi kepada teman-teman kepala kampung. Bahkan bukan hanya kepala kampung yang ada di Distrik Kemtuk Gresi saja, tetapi semua kepala kampung yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura termasuk kelurahan maupun distrik," ujar Gustaf Griapon ketika dikonfirmasi usai ditemui empat Kepala Kampung se-Distrik Kemtuk Gresi, di Ruang Kerjanya, Rabu (28/4/2021).

Gustaf menambahkan bahwa sebenarnya hingga saat ini sudah ada beberapa VSAT yang dipasang di beberapa kampung yang belum ada akses sinyal telepon seluler atau blank spot di Kabupaten Jayapura.

"Dengan adanya infrastruktur itu, maka kami siapkan sumber daya manusia (SDM). Di sini kita dari dari Dinas Kominfo sudah bentuk Pemantik atau Pace Mace Admin TIK. Mereka itu direkomendasi oleh kepala-kepala kampung yang ada di setiap kampung. Jadi mereka ini tidak kami rekrut seenaknya, tapi itu merupakan rekomendasi tiap-tiap kepala kampung. Sehingga mereka bisa bekerja mendukung kerja-kerja dari kepala kampung tersebut," jelas Gustaf.

Ketika internet itu hadir di kampung, kata Gustaf, selain untuk membuka keterisolasian warga kampung setempat, jaringan internet dari VSAT yang dihadirkan itu, beberapa hal yang akan tumbuh. Yaitu percepatan informasi, kemudian penyebarluasan informasi dari kampung itu sendiri lewat keberhasilan dana ADK atau ADD dan apa saja yang sudah dilakukan oleh kepala kampung di kampung tersebut.

"Juga hadirnya VSAT untuk mendukung langkah pemerintah, sehingga orang di luar bisa tahu keberhasilan pembangunan yang dilakukan pemerintah di kampung melalui kepala kampung lewat website maupun media sosial," ungkapnya.

Untuk itu, Plt. Kadiskominfo Gustaf mengapresiasi empat kepala kampung didampingi tokoh agama atau perwakilan Klasis Kemtuk Gresi yang langsung datang menemui dirinya untuk membahas pemasangan VSAT di empat kampung yang ada di Distrik Kemtuk Gresi. "Kami dari Dinas Kominfo apresiasi empat kepala kampung tersebut. Ini inisiatif yang luar biasa dengan datang langsung menemui kami."

Menurut Gustaf, koordinasi seperti yang dilakukan empat kepala kampung ini sangat penting. "Karena untuk harga pemasangan VSAT ini sudah kami diskusikan sebelum Covid-19 dan pada saat terjadinya pandemi Covid-19 ini sempat terhenti karena masalah anggaran. Sehingga pada hari ini kita baru ketemu kembali untuk membahas pemasangan VSAT di empat kampung tersebut," tukasnya.

Untuk diketahui, empat kepala kampung dari Distrik Kemtuk Gresi yang datang menemui Plt. Kadis Kominfo Kabupaten Jayapura untuk membahas pemasangan VSAT itu, dikoordinir langsung oleh Kepala Kampung Bring Elisa Nean, didampingi Kepala Kampung Nembu Gresi Charles Wouw, Kepala Kampung Ibub Ruben Irem, Kepala Kampung Hyansip Robert Hyansip, dan tokoh gereja Klasis Kemtuk Gresi Hanock Hikinda. (RO/OL-10)

Baca Juga

Medcom

Empat Kasus Kekerasan terhadap Pers Terjadi di Sumut Sebulan Terakhir

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:58 WIB
Sebelum kasus pembunuhan Marsal, pada 29 Mei 2021 rumah seorang jurnalis bernama Abdul Kohar Lubis di Kota Pematangsiantar diteror...
DOK

Apps Sumut Bersinar, Cara Baru Polda Sumut Perangi Marak Narkoba

👤 Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:50 WIB
Adalah AKBP Fadris SR Lana, Kasubdit III Ditres Narkoba Polda Sumut, yang menjadi sosok sentral di balik aplikasi...
DOK

Proses Hukum Kasus Narkoba Sekda Nias Utara Diminta tetap Berjalan

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:40 WIB
Sebagai ASN tertinggi di Nias Utara seharusnya Yafeti menjadi teladan bagi masyarakatnya. Bukan malah melakukan tindakan tidak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya