Minggu 25 April 2021, 14:00 WIB

Puluhan Titik Panas di Babel Terpantau Satelit

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Puluhan Titik Panas di Babel Terpantau Satelit

MI/Rudi Kurniawansyah
Cuaca panas menimbulkan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Bangka Belitung, Minggu (25/4)

 

CUACA panas yang menyelimuti sejumlah daerah di Provinsi Bangka Belitung (Babel) dalam beberapa hari ini, menyebabkan munculnya puluhan titik panas atau hotspot yang di duga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Minggu (25/4).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel, Mikron Antariksa mengatakan, berdasarkan informasi BMKG kelas 1 Pangkalpinang, ada 10 titik panas. Yakni berada di Bangka Selatan 4 titik, Bangka Tengah 1 titik, Belitung Timur 2 titik dan Belitung sebanyak tiga titik.

"Bangka selatan titik panas di kecamatan air Gegas, Payung dan Toboali, sedangkan Bangka Tengah di sungaiselan, Belitung di Badai, dan belitung
Timur di Dendang," kata Mikron.

Menurut Mikron, munculnya titik panas ini disebabkan kondisi cuaca di Babel saat ini panas, sehingga titik panas cepat terdeteksi.

"Seluruh titik panas yang terpantau satelit ini, tingkat akurasinya diangka delapan, angka ini bisa di katakan ada Karhutla," terangnya.

Hanya saja, lanjut Mikron, untuk lebih memastikan, pihaknya sudah meminta tim TRC di kabupaten terdeteksi titik panas untuk ke lokasi memantau titik panas tersebut.

"Dugaan kita memang karhutla, tapi untuk memastikan, tim akan turun, karena kita tidak tahu yang terbakar itu, sampah, atau, ilalang, atau lahan,"tegas dia.

Memasuki musim kemarau, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan berkebun dengan cara membakar, karena berbahaya.(OL-13).

Baca Juga: Ganjar Launching Aplikasi Top Up Game Karya Gamers Jawa Tengah

Baca Juga

DOK  MI

Longsor Di Sibolangit Tewaskan Empat Orang

👤Widhoroso 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 00:07 WIB
EMPAT orang dilaporkan meninggal dunia akibat longsor di jalur Medan-Berastagi, tepatnya di kawasan tikungan PDAM Tirtanadi, Sibolangit,...
Ist

Bantu Kesejahteraan Warga, Civitas UP Tanam Empon di Kawasan Eko Wisata

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 22:41 WIB
Universitas Pancasila (UP) melakukan penanaman bibit empon-empon  di Kawasan Lembah Cisadane, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu...
Ist

Kementan Genjot Kesejahteraan Kelompok Wanita Tani di Sulsel 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 22:20 WIB
Kegiatan pemberdayaan kelompok wanita tani (KWT) yang sudah dilaksanakan, selain bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya