Minggu 18 April 2021, 18:17 WIB

Pascasiklon Seroja, Muncul Pulau dan Danau Baru di NTT

Palce Amalo | Nusantara
Pascasiklon Seroja, Muncul Pulau dan Danau Baru di NTT

DOK MI
Ilustrasi

 

SELAIN menimbulkan bencana, hantaman Siklon Seroja yang melanda Nusa Tenggara Timur (NTT) 4-5 April lalu memunculkan pulau dan danau baru di daerah itu. Pulau baru berupa gundukan pasir dan batu karang muncul di perairan Dusun Sai, Desa Tolama, Kecamatan Loahulu, Kabupaten Rote Ndao.

Camat Loaholu Jemi Oktovianus Adu mengaku telah panjang pulau tersebut sekitar 75 meter. "Kami menamai pulau ini dengan nama Pulau Paskah," katanya.

Pasalnya, pulau itu muncul saat badai yang bertepatan dengan perayaan hari Paskah atau hari Kebangkitan Yesus Kristus. Menurutnya, banyak warga sudah datang ke pulau terrsebut mengunakan perahu dari pesisir pantai desa setempat berjarak sekitar 200 meter.

Adapun danau baru yang muncul terletak di wilayah bernama Tangkolo, Kelurahan Sikumana, Kota Kupang. Seperti Pulau Paskah, danau tersebut juga terbentuk saat Paskah.

Warga setempat, Yemris Fointuna mengatakan danau tersebut terletak di wilayah RT 14/RW 6 dengan luas sekitar dua hektare. "Air di danau terus bertambah tinggi sehingga nyaris mengenani rumah warga di dekat danau baru," katanya.

Menurutnya, lokasi danau baru sebelumnya merupakan lahan pertanian warga setempat. Warga khawatir rumah mereka tergenang jika genangan air terus meluas.

Genangan air meluas diduga mendapat pasokan air Mata Air Tungkolo, termasuk termasuk mata air baru yang muncul di sekitar danau.  Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore janji segera mengecek danau baru tersebut. (OL/OL-15)

Baca Juga

MI/Denny Susanto

Korban Banjir Kalimantan Selatan Dapat Bantuan

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 11:30 WIB
PT Antang Gunung Meratus (AGM) menyerahkan bantuan perbaikan jembatan yang rusak di Desa Alat, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai...
MI/Apul Sianturi

Kilang SP3T Segera Beroperasi Lagi Genjot Produksi Padi Simalungun

👤Apul Iskandar 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 08:45 WIB
PEMKAB Simalungan hidupkan lagi kilang Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) di Nagori Pamatang Panombean, Kecamatan Panombean...
dok.humaspemkab

Sugianto Berharap Bendungan Karau Diperluas Pemerintah Pusat

👤Surya Sriyanti 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 08:30 WIB
GUBERNUR Kalteng H. Sugianto Sabran meminta pemerintan pusat memperluas Bendungan Karau untuk mengoptimalkan potensi pertanian di Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya