Minggu 18 April 2021, 02:25 WIB

Pulihkan Ekonomi, Pemkot Tasikmalaya Izinkan Tempat Wisata Buka

Kristiadi | Nusantara
Pulihkan Ekonomi, Pemkot Tasikmalaya Izinkan Tempat Wisata Buka

MI/Kristiadi.
Kawasan objek wisata Pangandaran.

 

PEMERINTAH Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, berencana tetap membuka kawasan objek wisata untuk meningkatkan pemulihan ekonomi nasional di momen Lebaran 1442 H. Pembukaan tersebut akan diizinkan bagi masyarakat karena tidak ada larangan secara khusus tetapi kegiatan harus menerapkan protokol kesehatan secara tegas.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf mengatakan, pemerintah daerah akan tetap membuka aktivitas tempat wisata untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN) meski pusat telah melakukan larangan mudik guna memutus mata rantai penyebaran virus korona. "Untuk kawasan wisata yang akan diizinkan itu mulai Situ Gede, Water Park Mangkubumi, dan Karangresik, serta lokasi lain tetapi semua harus menerapkan peraturan Satgas Covid-19," katanya, Sabtu (17/4).

Tim operasi akan melakukan pengawasan ke sejumlah titik yang berpotensi menimbulkan keramaian. "Kota Tasikmalaya bukan satu-satunya daerah yang berencana mengizinkan tempat wisata beroperasi pada Lebaran nanti. Tidak ada larangan bagi wisatawan yang masuk ke lokasi wisata tetapi mereka harus tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, tidak berkerumun, dan kurangi mobilitas," ujarnya.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, sektor pariwisata di wilayahnya sangat menopang perekonomian warga dan pihaknya akan tetap melakukan berkoordinasi lebih lanjut dengan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Jabar. Akan tetapi, jika ada larangan mudik dipastikan destinasi wisata di Pangandaran di tahun ini akan semakin sepi.

"Kami akan meningkatkan pengawasan supaya tingkat penyebaran korona rendah dan klaster wisata juga nyaris selama ini tidak ada, sangat kecil sekali. Kemungkinan aktivitas wisata di Kabupaten Pangandaran pada momen Lebaran nanti tetap dibuka dengan menerapkan prokes secara ketat dan dipastikan kunjungan tahun ini akan mengalami penurunan," paparnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/Vicky Gustiawan

Vaksinasi Anak di Sumut Capai 63,3 Persen

👤Ant 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:44 WIB
Vaksinasi tersebut juga dilakukan sebagai upaya mendukung pembelajaran tatap muka (PTM) berjalan...
Antara

Kasus Positif di Bantul Bertambah Sembilan Orang

👤Ant 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:31 WIB
tambahan kasus berasal dari Kecamatan Bantul lima orang, Piyungan dua orang, Sewon dan Kasihan, masing-masing satu...
Antara

Ridwan Kamil: Pernyataan Edy Mulyadi Cederai Nilai Kebinekaan

👤Ant 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:09 WIB
"Jika ada aspek hukum harus dihadapi dan aspek psikologisnya menjadi pelajaran bahwa meminta maaf itu penting,"...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya