Rabu 14 April 2021, 14:47 WIB

Pandemi Covid Nilai Ekspor Ikan dan Produk Ikan Jawa Timur Naik

Heri Susetyo | Nusantara
Pandemi Covid Nilai Ekspor Ikan dan Produk Ikan Jawa Timur Naik

MI/Heri Susetyo
Pelepasan ekspor ikan dan produk perikanan oleh Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Surabaya 1 meningkat.

 

Di masa pandemi covid-19, ekspor ikan dan produk perikanan melalui Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Surabaya 1, Jawa Timr justru mengalami peningkatan. Baik dari sisi volume maupun nilainya.Tidak terpengaruhnya pandemi covid-19 dikarenakan layanan di BKIPM Surabaya 1 sudah berbasis online dan terintegrasi.

BKIPM Surabaya 1 kembali melakukan pelepasan ekspor ikanserta produk perikanan ke sejumlah negara Eropa, Asia dan Australia pada Rabu siang (14/4). Ekspor ikan dan produk perikanan ini dirangkaikan dengan Indonesia Satu Ekspor yang dilepas secara virtual oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Ekspor ikan dan produk perikanan melalui BKIPM Surabaya 1 pada 12 hingga 17 April 2021 sebanyak 1.268 ton dan 11.221 ekor dengan nilai mencapai lebih dari Rp115 miliar. Ikan dan produk perikanan yang diekspor ini terdiri dari 35 jenis komoditi yang diekspor ke 19 negara. Selain ke sejumlah negara Eropa, ekspor juga dilakukan ke Australia dan beberapa negara Asia.

"Pandemi tidak berpengaruh pada ekspor ikan dan produk perikanan, karena layanan kami berbasis online dan terintegrasi," kata Kepala BKPIM Surabaya 1 Muhlin.

Menurut Muhlin, pihaknya melakukan sertifikasi sebanyak 250 - 300 sertifikat setiap harinya. Sertifikat diberikan untuk kegiatan ekspor maupun perdagangan domestik ikan serta produk perikanan.

Ekspor ikan danproduk perikanan Jawa Timur memang mengalami peningkatan dan tidak terpengaruh pandemi covid-19. Pada 2019 lalu volume ekspor ikan dan produk ikan hanya 203.180 ton dengan nilai Rp17,2 triliun. Sementara ekspor tahun 2020 meningkat 8,2persen menjadi Rp219.860 ton dengan nilai Rp17,5 triliun. (OL-13)

Baca Juga: Sulsel Ekspor Perdana Rempah dan Bat Guano ke 10 Negara

Baca Juga

Antara

BNPB: Belum Ada Laporan Kerusakan dan Korban Akibat Gempa Nias

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 15:10 WIB
Masyarakat diminta menghindari bangunan retak atau rusak akibat guncangan gempa di wilayah Nias. Serta, memperhatikan informasi resmi...
MI/Apul Iskandar

Forum DAS: Alih Fungsi, Penebangan Hutan Penyebab Banjir Parapat

👤Apul √Ćskandar 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 13:21 WIB
Pemerintah harus dengan segera mencari solusi agar banjir bandang tidak terjadi...
MI/Martinus Solo

Kabupaten Sorong Raih Opini WTP 8 Kali

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 13:10 WIB
Bupati Sorong Johny Kamuru mengatakan hasil pencapaian opini WTP merupakan kerja sama yang bagus di bidang keuangan dari semua organisasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya