Selasa 13 April 2021, 21:29 WIB

BPBD Cilacap Akan Gelar Simulasi Penanganan Bencana Tsunami

Lilik Darmawan | Nusantara
BPBD Cilacap Akan Gelar Simulasi Penanganan Bencana Tsunami

ANTARA
Ilustrasi

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daetah (BPBD) Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) akan menggelar simulasi bencana tsunami. Hal itu dilakukan, karena Cilacap memiliki daerah-daerah yang rawan bencana tsunami.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan sejumlah wilayah di Cilacap terutama daerah pesisir rawan bencana tsunami. Karena itu, pihaknya berencana menggelar simulasi bencana tsunami.

"Simulasi bakal dilaksanakan pada 26 April mendatang. Lokasinya berada di dua desa dan lima kelurahan. Wilayah-wilayah itu masuk daerah  rawan bencana tsunami," jelas Tri Komara, Selasa (13/4).

Dikatakan oleh Tri Komara, selain melakukan simulasi bencana tsunami, pihaknya juga melaksanakan uji coba early warning system (EWS) d sepanjang pesisir Cilacap. "Sistem Peringatan Dini (Early Warning System/EWS) harus dicoba untuk memastikan kalau peralatan tersebut masih dapat berfungsi. Nantinya, para peserta simulasi tidak hanya berasal dari dua desa dan lima kelurahan saja, melainkan juga masing-masing organisasi pemerintah daerah," ujarnya.

Ia menilai, program simulasi sangat penting untuk menguatkan mitigasi bencana, terutama di daerah-daerah yang rawan. Warga di wilayah rawan bencana harus terus ditingkatkan kesadarannya dan kewaspadaannya terhadap risiko bencana. Di sisi lain, BPBD Cilacap juga telah mendata 45 tempat yang digunakan sebagai shelter evakuasi. Struktur bangunan telah mendapat kajian dari BPPT. (OL-15)

 

Baca Juga

Dok. Intibios Lab

Intibios Lab Hadirkan Laboratorium Fokus Covid-19 di Bali

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 10 Mei 2021, 00:29 WIB
Sejak awal, laboratorium itu dirancang sebagai lab khusus yang fokus pada PCR swab test, antigen swab test, tes serologi, dan pengujian...
MI/VICKY GUSTIAWAN

2.298 Lebih Kendaraan di Tasikmalaya Diputarbalik

👤Kristiadi 🕔Minggu 09 Mei 2021, 22:59 WIB
Larangan mudik bagi warga yang pulang kampung harus menunjukan surat dan jika terkonfirmasi positif harus menanggung...
Dok Mabes Polri

Kapolri Minta Tes Swab Digelar di Tempat Wisata

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 09 Mei 2021, 21:10 WIB
Listyo juga memerintahkan agar tempat wisata yang berada di zona merah untuk ditiadakan alias...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berharap tidak Ada Guncangan Baru

LAPORAN Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2021 tumbuh di angka -0,74% (year on year/yoy).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya