Rabu 07 April 2021, 14:31 WIB

Stok Pupuk di Pantura Jelang Musim Tanam Dipastikan Tersedia

Mediaindonesia.com | Nusantara
Stok Pupuk di Pantura Jelang Musim Tanam Dipastikan Tersedia

Antara/M Ibnu Chazar.
Buruh tani membawa padi hasil panen di areal persawahan Desa Nagasari, Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

 

KELOMPOK Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan Kementerian Pertanian memastikan stok pupuk di wilayah pantai utara (pantura) Jawa Barat aman menjelang musim tanam gadu setelah dilakukan pemantauan sejumlah gudang dan kios di daerah tersebut. Keluhan petani saat ini bukanlah perihal kelangkaan pupuk, tetapi harga gabah yang masih di bawah harga pokok penjualan (HPP).

Itu disampaikan Ketua KTNA Karawang Endjam Djamsir yang juga Wakil Ketua KTNA Jawa Barat.  Saat ini, beberapa daerah di Karawang gabah dibeli sekitar Rp3.800 per kilogram, padahal seharusnya Rp4.200 per kilogram.

Ia menerangkan, distribusi pupuk kepada petani sepanjang musim tanam lalu pun berjalan optimal. Hal itu terlihat dari hasil panen petani Karawang yang melimpah. "Tercatat, di musim panen ini Karawang menghasilkan 1,3 juta ton gabah kering giling," ungkapnya.

Direktur Pupuk dan Pestisida Kementerian Pertanian Muhammad Hatta menambahkan, pihaknya telah memantau stok pupuk di gudang dan kios pupuk di wilayah Karawang hingga Indramayu. Dari pemantauan stok pupuk di Gudang Lini 3 Pupuk Kujang Sukra, Indramayu, stok pupuk terpantau penuh dan siap disalurkan kepada petani.

Ia juga memastikan kalau harga pupuk dijual sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET). "Tidak ada kenaikan harga di tingkat kios. Kita bersama KTNA sudah cek langsung ke kios-kios," katanya.

Kondisi yang sama juga terjadi di Karawang, stok pupuk terpantau aman. Stok pupuk di Karawang pada per 5 April 2021 mencapai 2.111,68 ton. Rinciannya, pupuk urea mencapai 728,23 ton, NPK 1110,65, dan pupuk organik 272,80 ton. Sedangkan stok pupuk di Indramayu per Senin (5/4) mencapai 2.782,37 ton dengan rincian urea 963,37 ton, NPK 666,25 ton, dan pupuk organik 1152,75 ton. (Ant/OL-14)

Baca Juga

DOK MI

Polda Sulteng Tegaskan Akan Usut Kasus Dugaan Asusila Oleh Oknum Kapolsek

👤Widhoroso 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 00:03 WIB
KEPOLISIAN Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) menegaskan komitmennya untuk menyelesaikan kasus dugaan asusila yang diduga oknum...
DOK MI

RSUD Kardinah Tegal Miliki Laboratorium PCR

👤Supardji Rasban 🕔Senin 18 Oktober 2021, 23:56 WIB
UNTUK mendukung percepatan hasil tracing Covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah Kardinah (RSUD) Kardinah Kota Tegal, Jawa Tengah, kini memiliki...
ANTARA

Mahasiswa ITHB Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat

👤Widhoroso 🕔Senin 18 Oktober 2021, 23:23 WIB
Di Indonesia, data 2019 menunjukkan sekitar 2 juta orang mengalami tuli dan diperkirakan setiap tahun, ada sebanyak 5 ribu bayi yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya