Senin 29 Maret 2021, 21:12 WIB

Jelang Paskah dan Ramadan, Pasokan Sembako ke Lembata Lancar

Alexander P. Taum | Nusantara
Jelang Paskah dan Ramadan, Pasokan Sembako ke Lembata Lancar

MI/Alexander
Suasana pelabuhan kelas III Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, jelang hari raya Paskah.

 

MENJELANG hari raya Paskah dan bulan Ramadan, kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) kelas III Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, memastikan distribusi sembako melalui jalur laut dipastikan aman dan lancar.

Kesiapan dua armada kapal Curah ditambah sebuah armada tol laut yang singgah di pelabuhan laut Lewoleba setiap sepuluh hari, mempermudah distribusi Sembako untuk kebutuhan jelang hari raya Paskah dan bulan puasa tersebut.

Kepala kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) kelas III Lewoleba, Johanes Ola, kepada Media Indonesia, Senin (23/3/2021) mengungkapkan armada angkut yang beroperasi dari pulau Jawa ke Lembata, selalu lancar.

"Untuk kepentingan kesiapan distribusi baik sembako maupun penumpang jelang hari Raya Paskah maupun bulan Ramadhan nanti, diperlukan rapat koordinasi bersama Pemda setempat," ujar Johanes Ola.

Ia menjelaskan adanya tiga kapal pengangkut sembako yang beroperasi dari daerah produsen seperti pulau Jawa menuju Lembata, menjadi jaminan kelancaran pasokan sembako jelang hari raya Paskah dan bulan puasa, 13 April mendatang.

"Ada kapal Swasta kontainer dan tol laut siap untuk memenuhi kebutuhan Sembako untuk Hari Raya Paskah bagi umat Kristiani dan menjelang bulan puasa bagi umat Muslim," ujar Johanes.

Sedangkan, kapal penumpang milik PT. Pelni sampai saat ini masih melakukan embarkasi maupun debarkasi di pelabuhan laut Larantuka. Sebab, menurut Ola, kondisi pelabuhan laut Lewoleba, belum di survei ulang, sejak kejadian kapal tenggelam di pelabuhan laut Lewoleba beberapa waktu lalu.

Ribuan ton semen yang dikeluarkan ke dasar laut di pelabuhan Lewoleba dari lambung KM. Simpo (kapal bermuatan semen yang tenggelam) belum seluruhnya di evakuasi hingga mengganggu proses olah gerak Kapal berukuran jumbo milik PT Pelni.

Disebutkan, untuk sementara proses embarkasi dan debarkasi penumpang kapal berbadan jumbo milik PT. PELNI, dilaksanakan di Larantuka, Kabupaten Flores Timur. Para penumpang lanjutan menuju pulau Lembata, dilayani kapal-kapal lokal setiap hari.

"Prinsipnya layanan sembako jelang hari raya Paskah dan bulan puasa di Lembata aman. Tetapi perlu langkah koordinasi bersama pemerintah Kabupaten," ujar Johanes Ola. (OL-13)

Baca Juga

MI/Dok Humas Pemprov NTT

Menhan Prabowo Tinjau Politeknik Unhan di Atambua

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 07:13 WIB
Prabowo meninjau politeknik di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak tersebut sebelum diresmikan Presiden Joko Widodo dalam waktu...
DOK Pribadi.

Perusahaan Logistik Bantu Program Penanaman 50 Juta Pohon Jabar

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 07:00 WIB
Target penanaman pohon di Jawa Barat dapat terwujud berkat kerja sama antara pemerintahan, Polri/TNI, sekolah, komunitas, dan...
Medcom

Guru Honorer yang Bakar Sekolah karena tidak Dibayar Akhrinya Terima Honor dari Disdik Garut

👤Kristiadi 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 06:56 WIB
Dia berharap uang tersebut bisa mengobati sakit hati dan kekesalan yang dirasakannya selama MA menngajar di sekolah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya