Senin 29 Maret 2021, 20:34 WIB

Perayaan Liturgi di Flores Timur dan Lembata Dipersingkat

Mediaindonesia.com | Nusantara
Perayaan Liturgi di Flores Timur dan Lembata Dipersingkat

Antara/Kornelis Kaha
Ilustrasi

 

Vikaris Jenderal Keuskupan Larantuka RD Gabriel Unto da Silva mengatakan semua perayaan liturgi gereja Katolik selama masa Paskah 2021 di wilayah keuskupan itu mencakup Kabupaten Flores Timur dan Lembata dipersingkat terkait pandemi Covid-19.

"Semua liturgi sudah diminta agar dipersingkat termasuk selama pekan suci hingga Hari Raya Paskah ini," katanya ketika dihubungi dari Kupang, Senin, terkait dukungan gereja di Keuskupan Larantuka dalam menekan penyebaran Covid-19 selama masa Paskah.

Keuskupan Larantuka telah memutuskan untuk meniadakan ritual keagamaan prosesi Jumat Agung menyambut Paskah berupa perarakan patung di laut dan darat yang biasanya dihadiri ribuan orang karena masih dalam kondisi pandemi.

Namun demikian semua perayaan liturgi selama pekan suci hingga dan seterusnya tetap dilaksanakan dan diupayakan lebih cepat.

Bagian perayaan liturgi seperti nyanyian-nyanyian, katanya, juga hanya dibacakan saja agar upacara ibadah menjadi lebih singkat.

"Seperti nyanyian yang panjang tentang kisah sengsara Yesus Kristus pada liturgi Jumat Agung juga hanya dibacakan saja," katanya.

Upaya ini, kata Gabriel sebagai langkah penyesuaian gereja dengan protokol kesehatan karena pada prinsipnya gereja juga menghormati upaya penanganan pandemi Covid-19.

Keuskupan Larantuka juga telah meminta semua pastor paroki di wilayah itu agar menjalankan protokol kesehatan dalam perayaan liturgi selama pandemi Covid-19

"Jadi semua pastor paroki dibantu dewan stasi dan juga personel dari gugus tugas juga bisa mengintervensi jika ada situasi kerumunan yang tidak memberikan rasa nyaman bagi umat," katanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

ANTARA

H+1 Lebaran, "Jalur Tikus" di Perbatasan Jateng-Jabar Masih Sepi

👤Supardji Rasban 🕔Jumat 14 Mei 2021, 17:37 WIB
Diperkirakan pada h+4 ke atas kendaraan arus balik ke arah Dejabotabek akan...
Medcom.id/M Rizal

Dukung Pemerintah, Warga Kampung Patunas Tolak Tamu Lebaran

👤Solmi 🕔Jumat 14 Mei 2021, 16:34 WIB
Menurut Guntur yang juga menjabat Kepala Polres Tanjungjabung Barat,  langkah proaktif dari warga tersebut membantu menekan penyebaran...
MI/Susanto

Gempa 7,2 SR Guncang Nias Barat, tidak Berpotensi Tsunami

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 14 Mei 2021, 15:48 WIB
Berdasarkan hasil rekaman seismogram BMKG, pusat gempa bumi berada pada 0,10 LU dan 96,53 BT di kedalaman laut 19...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya