Kamis 18 Maret 2021, 16:02 WIB

Pesawat Mendarat di Bandara Kabir Pulau Pantar Mulai Lusa

Palce Amalo | Nusantara
Pesawat Mendarat di Bandara Kabir Pulau Pantar Mulai Lusa

Antara/Kornelis Kaha.
Pesawat Citilink yang mengangkut WNI dari Timor Leste tiba di bandara El Tari Kupang, Kota Kupang, NTT, beberapa waktu lalu.

 

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan pengoperasian Bandara Kabir yang terletak di Pulau Pantar, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, secara virtual. Jokowi meresmikan bandara tersebut bersama Bandara Toraja dari Kabupaten Tana Toraja, Kamis (18/3).

Jokowi mengatakan peresmian bandara dalam beberapa tahun belakangan ini untuk mendorong konektivitas dan pariwisata. Bandara Kabir dibangun sejak 2014-2019 menelan anggaran sebesar Rp103 miliar dengan panjang landasan pacu 900 meter dan lebar 30 meter serta apron 900x50 meter.

Bandara itu mampu didarati pesawat berbadan kecil jenis grand caravan atau DHC-6. Bandara dilengkapi pula terminal seluas 800 meter persegi yang mampu menampung 36.000 penumpang per tahun.

Kepala Dinas Kesehatan NTT Isyak Nuka mengatakan Bandara Kabir dijadwalkan akan didarati pesawat pada 20 Maret 2021. "Kami akan membuka penerbangan perintis maupun penerbangan komersial ke Pantar," katanya kepada Media Indonesia.

Menurutnya, Wakil Gubernur NTT bersama rombongan akan terbang ke Pantar pada penerbangan perdana tersebut untuk melihat secara langsung kondisi dan kesiapan bandara menerima dan memberangkatkan penumpang secara reguler maupun komersial.

Pulau Pantar seluas 728 kilometer persegi terletak antara Lembata dan Alor. Pulau itu memiliki sejumlah objek wisata yang menarik seperti taman laut, pantai, dan Gunung Sirung yang memiliki tinggi 862 meter di atas permukaan laut.

Lokasi pembangunan bandara tersebut merupakan bekas lapangan terbang peninggalan Jepang, kemudian pernah dimanfaatkan oleh pesawat misionaris hingga 1972. Karena itu, bandara tersebut bakal meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pantar termasuk pulau-pulau sekitarnya.

Adapun Bandara Pantar menjadi bandara ke-15 di NTT. Keseluruhannya, NTT memiliki 14 bandara. Dua bandara di antaranya berstatus bandara internasional yakni Bandara El Tari Kupang dan Bandara Komodo di Labuan Bajo, Manggarai Barat. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Nyoman Hendra Wibowo.

Sembilan Sapi Positif PMK, Purbalingga Awasi Lalu Lintas Hewan

👤Lilik Darmawan 🕔Kamis 19 Mei 2022, 16:02 WIB
Saat ini di Purbalingga terdapat 12.500 sapi yang siap...
Dok PT Pos Indonesia

PT Pos Indonesia Jalin Kerja Sama Dengan Kementerian PPN/Bappenas

👤Naviandri 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:23 WIB
PT Pos Indonesia (Persero) menyepakati kerja sama dengan Kementerian PPN/Bappenas tentang pemanfaatan layanan jasa...
MGN/Khairul Anam

Pengikut Aliran Kelompok Mahfudijanto di Pasuruan Bertobat

👤Khairul Anam (MGN), Muhardi (SB) 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:07 WIB
Mereka juga membaca istighfar dan dua kalimat syahadat sebanyak tiga kali sebagai tanda mereka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya