Selasa 09 Maret 2021, 20:48 WIB

Jet Tempur F-16 Lanud Roesmin Nurjadin Pantau Karhutla Riau

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
Jet Tempur F-16 Lanud Roesmin Nurjadin Pantau Karhutla Riau

DOK Lanud Rsn.
Harpy Flight dari Rydder Skadron Udara 16 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin melakukan patroli udara di lokasi kebakaran hutan dan lahan.

 

HARPY Flight dari Rydder Skadron Udara 16 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin melakukan patroli udara di lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah Dasan, perbatasan Kabupaten Siak dan Bengkalis, Provinsi Riau, Selasa (9/3). Harpy Flight terdiri dari dua pesawat yakni TS-1608 yang diawaki Danskadud 16 Mayor Pnb Andri Setyawan serta TS-1623 oleh Lettu Pnb Galih Rakasiwi dan Kapten Pnb Yusuf Atmanegara.

Mereka melaksanakan latihan Basic Fighter Maneuvers atau BFM di Military Training Area (MTA) Lanud Roesmin Nurjadin. Danlanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama (Marsma) TNI Andi Kustoro mengatakan, upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan akan terus dilakukan.

"Pesawat tempur yang ada di Lanud Roesmin Nurjadin akan terus melakukan patroli udara bersamaan dengan pelaksanaan latihan. Hal ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya karhutla di Riau dan membantu pemerintahan daerah dalam upaya bersama-sama untuk mewujudkan Riau tanpa asap dan diharapkan semua elemen dapat mendukungnya," ujar Andi Kustoro di Pekanbaru, Selasa (9/3).

Lebih lanjut Marsma TNI Andi Kustoro mengatakan diharapkan patroli udara lewat pesawat tempur dapat mendeteksi dini pencegahan penyebaran kebakaran hutan dan lahan di Sumatra, khususnya wilayah Bumi Lancang Kuning, Riau.

Danskadud 16 Mayor Pnb Andri Setyawan menjelaskan, dari pantauan selama patroli telah ditemukan lokasi karhutla di daerah Dasan Kabupaten Siak dan Bengkalis.

"Patroli Karhutla di latihan profisiensi ini merupakan salah satu fungsi dari Dinas Operasi Lanud Rsn sebagai Posko Udara Satgas Karhutla 2021. Hasilnya nanti akan langsung disampaikan oleh kru kepada posko karhutla untuk tindakan pemadaman lebih lanjut," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA

Sulteng Diharapkan Jadi Lumbung Jagung Nasional

👤M Taufan SP Bustan 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 19:02 WIB
LAHAN perkebunan yang luas di Sulawesi Tengah (Sulteng) diharap bisa dimanfaatkan sebagai lumbung dan pusat industri jagung...
Ist

Sambut KTT G20 di Bumi Majapahit, Festival Tumpeng Nusantara Digelar

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 18:45 WIB
Tujuan ini Festival Tumpeng Nusantara mengingatkan bahwa leluhur kita punya nilai-nilai budaya, jangan sampai tergerus budaya...
DOK.MI

Polisi Ungkap Ciri-Ciri Mayat Dalam Kardus yang Ditemukan di Demak

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 18:35 WIB
Beberapa ciri-ciri khusus dari mayat perempuan yang pertama kali ditemukan oleh pencari rumput tersebut mulai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya