Minggu 07 Maret 2021, 12:38 WIB

Sulsel Perketat Pintu Masuk Cegah Varian Baru Covid

Lina Herlina | Nusantara
Sulsel Perketat Pintu Masuk Cegah Varian Baru Covid

MI/Usman Iskandar
Aktivitas di Pelabuhan Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan.

 

UNTUK mengantisipasi masuknya virus korona varian baru tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar Muhammad Haskar Hasan mengatakan pihaknya sudah melakukan langkah-langkah pencegahan. Termasuk memperketat jalur masuk dan keluar yang menjadi tugas KKP.

"Kami melakukan pengawasan alat angkut orang dan barang dari luar negeri serta dalam negeri yang

tentunya pengawasan dilakukan berupa pemeriksaan dokumen kesehatan kapal/pesawat, pemeriksaan sanitasi kapal/pesawat, dokumen kesehatan penumpang baik buku ICV (International Certificate of Vaccination), hasil pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction) rapid antigen atau antibodi," urai Haskar.

Menurutnya, selain pemeriksaan dokumen, juga dilakukan pengecekan suhu tubuh dan pemeriksaan fisik, "Jika terdapat kecurigaan penyakit menular maka pihaknya akan melakukan rujukan ke rumah sakit atau laboratorium, termasuk tindakan karantina dan isolasi yang bekerja sama," menurut Haskar.

Tentu lanjutnya, akan bekerja sama dengan dinas kesehatan provinsi, dan kabupaten/kota setempat, yang dibarengi dengan persiapan tindakan penyehatan lingkungan dalam hal ini mensterilkan kapal dan pesawat. Termasuk juga, edukasi kepada lintas sektor dan masyarakat khusus protokol kesehatan.

"Petugas dibekali dengan pelatihan kekarantinaan, kesehatan penerbangan, dan pelatihan lainnya yang mendukung program pencegahan dan pengendalian covid-19 dan penyakit menular lainnya," lanjut Haskar.

Dia pun menegaskan, jika pencegahan dan pengendalian covid-19, serta penyakit menular lainnya, tidak akan berhasil jika seluruh lintas sektor terkait dan masyarakat tidak terlibat dalam program dengan menjalankan semua peran masing-masing dengan mematuhi protokol kesehatan.

baca juga: Varian Baru Covid-19 tidak Pengaruhi Efektivitas Vaksin Sinovac

Sebelumnya, informasi masuknya virus varian baru korona di Indonesia, diungkapkan oleh Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono, yang mengatakan varian baru covid-19, telah ditemukan di Indonesia. Virus ini adalah mutasi dari dari Sars-CoV-2, yang pertama kali ditemukan di Inggris. (OL-3)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

TNI AD Percepat Pembangunan Dua Jembatan Tempur di Adonara

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 14 April 2021, 09:44 WIB
Ada dua jembatan tempur yang dikerjakan yakni jembatan yang menghubungkan Waiburak-Waierang dengan panjang 14,5 meter dan jembatan...
ANTARA

Aktivitas Pelayaran Harus Waspadai Cuaca Ekstrem 14-21 April

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 14 April 2021, 09:37 WIB
Kemenhub meminta seluruh aktivitas pelayaran untuk mewaspadai cuaca ekstrem akibat bibit Siklon...
MI/Hijrah Ibrahim

DPRD Malut Rekomendasikan Penutupan Izin Tambang PT Amazing Tabara

👤Hijrah Ibrahim 🕔Rabu 14 April 2021, 09:15 WIB
Komisi III DPRD Provinsi Maluku Utara, hari ini Rabu (13/4) melayangkan rekomendasi pencabutan Izin Usaha Pertambangan PT Amazing Tabara ke...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya