Jumat 05 Maret 2021, 14:40 WIB

Citilink Siap Operasional di Bandara JBS Purbalingga

Lilik Darmawan | Nusantara
Citilink Siap Operasional di Bandara JBS Purbalingga

dok.Angkasa Pura II
Runway Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah rampung 100%

 

MASKAPAI penerbangan Citilink yang merupakan lini usaha low cost carrier (LCC) atau maskapai bertarif hemat siap membuka penerbangan di Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) yang akan dibuka pada 22 April mendatang.

Citilink melihat ada potensi wisata yang ada di wilayah Jateng bagian tengah seperti dataran tinggi Dieng di perbatasan Banjarnegara dan Wonosono dan destinasi wisata di Purbalingga dan Banyumas.

Vice President Operation Planning Control & Support Citilink, Joko Suprapto, mengatakan bahwa pihaknya tertarik untuk membuka sejumlah rute dari Bandara JBS Purbalingga. Rute yang akan dibuka antara lain Purbalingga ke Jakarta, Surabaya dan Bandung.

"Kami tertarik dan optimis untuk membuka rute baru di Bandara Jenderal Besar Soedirman bekerja sama dengan PT Angkasa Pura (AP) II Cabang Purbaingga, Pengkalan Udara (Panud) JBS dan Airnav Indonesia. Kami siap untuk melakukan penerbangan ujicoba pesawat ATR 72," jelas Joko saat kunjungan di Purbalingga,
Jumat (5/3).

Dia optimis pasar dari Bandara JBS akan baik, karena selain adanya potensi wisata, juga ada perusahaan asing serta pelaku ekonomi di sejumlah wilayah baik di Purbalingga maupun kota-kota sekitarnya. "Kedatangan saya ke sini untuk memastikan ujicoba penerbangan Citilink sebelum pembukaan resmi nantinya," katanya.

Menurutnya, Citilink akan menambah pesawat kenis ATR 72-600 sebanyak lima pesawat. Hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan pangsa pasar domestik. Sebelumnya, Citilink memiliki tujuh pesawat jenis itu guna melayani rute-rute dalam negeri. "Tahun 2021 akan ada penambahan lima pesawat lagi, sehingga dapat mengoptimalkan pasar domestik," ujarnya.

Saat menemui Joko, Asisten Administrasi Pembangunan Setda Purbalingga Agus Winarno menyatakan dukungannya terhadap maskapai penerbangan Citilink yang akan membuka rute di Bandara JBS. "Kami sangat mengapresiasi Citilink yang akan membuka rute penerbangan dari Purbalingga. Pemkab siap mendukung promosi dan sosialisasi terkait rute penerbangan ke berbagi pihak," jelas dia. (OL-13)

Baca Juga: Purbalingga Bangun Jalan Menuju Bandara

Baca Juga

ANTARA FOTO/Umarul Faruq

BMKG: Sulut Diguncang Gempa dengan Magnitudo 6,1

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 10:15 WIB
Dalam informasi yang diterima dari BMKG di Jakarta, Sabtu, lokasi gempa berada di 3.67 lintang utara dan 126.82 bujur...
DOK Pribadi.

Wapres PNLG Tunjukkan Pengelolaan Kawasan Pesisir Jelang Pertemuan Oktober

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 08:58 WIB
Sejumlah keberhasilan itu tampak pada program pembangunan rumah untuk keluarga nelayan di daerah itu, termasuk bantuan perahu hingga jaring...
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Tiga Desa di Cirebon Banjir akibat Luapan Sungai Ciberes

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 07:15 WIB
Alex mengatakan banjir yang merendam tiga desa itu mengakibatkan ratusan rumah warga, terutama di bantaran Sungai Ciberes terendam banjir...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya