Kamis 04 Maret 2021, 22:15 WIB

17,5 Hektare Lahan Terbakar di Aceh Berhasil Dipadamkan

Mediaindonesia.com | Nusantara
17,5 Hektare Lahan Terbakar di Aceh Berhasil Dipadamkan

MI/Dwi Apriani
Ilustrasi

 

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah kecamatan di Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh seluas 17,5 hektare hingga Kamis (4/3)malam sudah berhasil dipadamkan.

“Alhamdulillah, sejumlah lokasi yang selama ini terbakar sudah berhasil dipadamkan. Saat ini dalam pendinginan,” kata Kapolres Nagan Raya AKBP Risno SIK di Suka Makmue, Kamis.

Menurutnya, keberhasilan tersebut dicapai setelah tim gabungan terdiri dari TNI, Polri, BPBD Nagan Raya, petugas KPH wilayah IV Aceh, Brimob dan masyarakat melakukan upaya pemadaman api di sejumlah lokasi kebakaran.

Selain itu, adanya guyuran hujan menyebabkan kebakaran lahan yang melanda daerah tersebut juga turut membantu pemadaman api. “Meski sudah padam, petugas masih berada di lokasi kejadian guna menyiram lahan sebagai upaya pendinginan. Karena lahan yang terbakar ini sebagian besar lahan gambut,” kata Kapolres menambahkan.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menegaskan luas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Nagan Raya Aceh mencapai 17,5 hektare.

Ada pun sebaran lokasi kebakaran lahan di Nagan Raya, kata dia, meliputi di Desa Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir dengan areal yang sudah terbakar mencapai tujuh hektare.

Kemudian di Desa Blang Puuk Kecamatan Beutong Ateuh mencapai sekitar dua hektare.

Sedangkan di Kecamatan Kuala Nagan Raya, tersebar di tiga desa meliputi Desa Kuta Makmur seluas dua hektare,k Desa Puloe Ie sekitar 5,5 hektare, serta Desa Blang Baro luas lahan yang terbakar sekitar satu hektare. (Ant/OL-12)

Baca Juga

DOK MI

Calon Kades Di Garut Wajib Jalani Tes Narkotika

👤Kristiadi 🕔Kamis 15 April 2021, 01:34 WIB
BADAN Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Garut, Jawa Barat melakukan tes urine kepada para bakal calon kepala desa. Ditargetkan tes...
Dok Media Indonesia

Permintaan Ikan Air Tawar dari Danau Maninjau Meningkat 5 Ton

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 23:48 WIB
Ikan jenis nila dan mas itu dipasarkan ke pasar tradisional di Sumbar, Jambi, Riau dan...
Antara

TWC Gelar Vaksinasi bagi Pelaku Wisata di Candi Borobudur

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 14 April 2021, 23:45 WIB
"Harapannya nanti siap untuk menyambut datangnya wisatawan serta ikut menciptakan ekosistem wisata yang aman dan nyaman untuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya