Jumat 26 Februari 2021, 08:31 WIB

PEMKAB Jayapura dipastikan Tetap Gunakan SIPD

mediaindonesia.com | Nusantara
PEMKAB Jayapura dipastikan Tetap Gunakan SIPD

DOK PEMKAB JAYAPURA
BUpati Jayapura Mathius Awoitauw.

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Jayapura memastikan akan tetap menggunakan sistem aplikasi SIPD (Sistem Informasi Pemeritahan Daerah) untuk pelaporan dan tata kelola keuangan daerah di Kabupaten Jayapura, dalam menyusun perencanaan dan tata kelola keuangan daerah di Kabupaten Jayapura.

"Kita tetap gunakan SIPD bukan SIMDA. Provinsi bilang ini sulit sekali kita kembali ke SIMDA. Kita sudah mulai jalan, ya jalan saja," kata Bupati Jayapura Mathius Awoitauw saat ditemui wartawan di Kantor Bupati Jayapura belum lama ini. 

Dia mengakui, memang di awal ini ada berbagai kendala yang dihadapi pihaknya, khususnya dalam proses penginputan data sesuai dengan petunjuk yang ada di dalam aplikasi itu. Bahkan kendala yang dihadapi itu tidak saja di alami oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura tetapi juga pihak Pemerintah Provinsi Papua. Bahkan beberapa daerah lain yang ada di Indonesia juga mengalami kendala yang sama. 

Baca Juga: Bupati Jayapura Sambut Inpres Percepatan Pembangunan Papua

Namun menurut dia, kendala itu bukan berarti menjadi hambatan bagi pihaknya untuk melakukan perubahan khususnya dalam penataan dan manajemen perencanaan, pelaporan, penggunaan keuangan daerah. "Memang dia agak rumit, terinci. Ada banyak hal yang harus dikerjakan. Tetapi semua dan seluruh daerah yang ada di Indonesia ini sudah mulai jalan dan arahnya ke situ. Oleh karena itu kita juga harus menuju ke situ," ujarnya.

Dia mengatakan Pemerintah Provinsi Papua ataupun daerah lainnya yang ada di Papua kembali menggunakan SIMDA dalam proses perencanaan dan manajemen tata kelola keuangan daerah. Namun khusus untuk Kabupaten Jayapura sendiri akan tetap menggunakan SIPD itu. "Itu namanya kemunduran, kita tidak belajar lagi nah perkembangan ini harus kita ikuti," tandasnya. (RO/OL-10)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Polemik Rekening Bupati Flotim untuk Donasi Bencana Adonara

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 13 April 2021, 07:28 WIB
Bupati Flotim Anton Hadjon beralasan membuka renenging atas nama pribadi untuk membantu korban bencana untuk menampung dana bantuan dari...
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

PKB Bali Sosialisasi Tiga Prioritas Hasil Mukernas dan Munas Ulama

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 13 April 2021, 07:23 WIB
Ada tiga hasil utama Mukernas PKB dan Munas Alim Ulama yakni pendidikan, pertanian dan UMKM yang kini disosialisasikan kader PKB menjelang...
MI/Djoko Sardjono

Kasus Covid-19 di Klaten Bertambah 72 Orang, 30 Sembuh

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 13 April 2021, 07:08 WIB
Kasus positif covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, bertambah 72 orang, Senin (12/4). Namun, kali ini terdapat 30 pasien positif yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya