Kamis 25 Februari 2021, 22:41 WIB

Rejang Lebong Bersiap jadi Kebun Percontohan Buah Lokal

Mediaindonesia.com | Nusantara
Rejang Lebong Bersiap jadi Kebun Percontohan Buah Lokal

Antara
Ilustrasi: durian.

 

Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong menyiapkan kebun percontohan buah-buahan lokal khas daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong Suherman di Rejang Lebong, Kamis (25/2), mengatakan program pembuatan kebun percontohan buah-buahan lokal ini untuk memudahkan masyarakat untuk mempelajari keunggulan maupun upaya membudidayakannya.

"Kebun buah percontohan yang akan kita buat ini adalah kebun pisang ambon Curup yang merupakan buah lokal khas Rejang Lebong, kemudian kebun durian dan alpokat," kata dia.

Kebun  pisang percontohan atau demplot ini akan didirikan di belakang kantor Distankan Rejang Lebong yang berada di wilayah Kecamatan Curup Tengah dengan luasan lahan seluas setengah hektare, di mana pisang yang akan ditanam jenis pisang ambon Curup HJ kuning yang sudah didaftarkan sebagai pisang varietas setempat.

Sedangkan untuk perkebunan buahan lokal lainnya, ialah kebun durian dan alpukat yang akan dikembangkan di wilayah Kecamatan Kota Padang dengan luasan lahan mencapai 3 hektare, di mana lahannya berada di pinggir jalan dan terintegrasi dengan tempat wisata di daerah itu.

"Untuk bibit pisangnya kita siapkan sendiri, kalau bibit durian kita mendapat bantuan berupa bibit unggulan Bengkulu jenis bintara dari Balai Benih Hortikultura atau BBH Bengkulu," terangnya.

Sedangkan untuk bibit buah alpokat tambah dia, akan menggunakan bibit yang banyak beredar dan di tanam oleh masyarakat di daerah itu.

Pengembangan kebun buah percontohan itu nantinya selain akan memudahkan penelitian dan petani lainnya yang akan belajar membudidayakannya juga menjadi lokasi agrowisata yang menarik dikunjungi orang. (Ant/OL-12)

Baca Juga

DOK MI

Kawanan Perampok Bank Di Karawang Pernah Beroperasi Di Luar Negeri

👤Naviandri 🕔Selasa 07 Desember 2021, 23:47 WIB
KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) meringkus komplotan  perampok yang membawa kabur uang ratusan juta milik bank swasta di...
MI/BAYU ANGGORO

Lupakan Sejarah Kelam, Jawa Barat dan DI Yogyakarta Gelar Malam Budaya

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 07 Desember 2021, 23:35 WIB
Malam budaya merupakan simbol tertinggi dari persahabatan kedua...
Dok. Sahabat Ganjar

Relawan Sahabat Ganjar Bali Gelar Konsolidasi 

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 07 Desember 2021, 23:32 WIB
Menurut dia konsolidasi juga untuk memastikan mesin relawan Sahabat Ganjar pada pemilihan presiden...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya