Kamis 25 Februari 2021, 22:41 WIB

Rejang Lebong Bersiap jadi Kebun Percontohan Buah Lokal

Mediaindonesia.com | Nusantara
Rejang Lebong Bersiap jadi Kebun Percontohan Buah Lokal

Antara
Ilustrasi: durian.

 

Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong menyiapkan kebun percontohan buah-buahan lokal khas daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong Suherman di Rejang Lebong, Kamis (25/2), mengatakan program pembuatan kebun percontohan buah-buahan lokal ini untuk memudahkan masyarakat untuk mempelajari keunggulan maupun upaya membudidayakannya.

"Kebun buah percontohan yang akan kita buat ini adalah kebun pisang ambon Curup yang merupakan buah lokal khas Rejang Lebong, kemudian kebun durian dan alpokat," kata dia.

Kebun  pisang percontohan atau demplot ini akan didirikan di belakang kantor Distankan Rejang Lebong yang berada di wilayah Kecamatan Curup Tengah dengan luasan lahan seluas setengah hektare, di mana pisang yang akan ditanam jenis pisang ambon Curup HJ kuning yang sudah didaftarkan sebagai pisang varietas setempat.

Sedangkan untuk perkebunan buahan lokal lainnya, ialah kebun durian dan alpukat yang akan dikembangkan di wilayah Kecamatan Kota Padang dengan luasan lahan mencapai 3 hektare, di mana lahannya berada di pinggir jalan dan terintegrasi dengan tempat wisata di daerah itu.

"Untuk bibit pisangnya kita siapkan sendiri, kalau bibit durian kita mendapat bantuan berupa bibit unggulan Bengkulu jenis bintara dari Balai Benih Hortikultura atau BBH Bengkulu," terangnya.

Sedangkan untuk bibit buah alpokat tambah dia, akan menggunakan bibit yang banyak beredar dan di tanam oleh masyarakat di daerah itu.

Pengembangan kebun buah percontohan itu nantinya selain akan memudahkan penelitian dan petani lainnya yang akan belajar membudidayakannya juga menjadi lokasi agrowisata yang menarik dikunjungi orang. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Pedagang Takjil di Beru Diserbu Pembeli

👤Gabriel Langga 🕔Minggu 18 April 2021, 09:44 WIB
Selain umat muslim yang akan berbuka puasa, warga nonmuslim juga ikut menyerbut dagangan yang berupa es buah, es cendol, gorengan, aneka...
MI/Agus Utantoro

10 Perupa Ikuti Memotret Yogyakarta Kini

👤Agus Utantoro 🕔Minggu 18 April 2021, 08:29 WIB
Para perupa menunjukkan keahlian mereka dalam melukis dengan mempraktikkan gaya dan karakter masing-masing dalam menangkap secara cepat...
dok.Hipmi Banten

Ini Gagasan Rifky Hermiansyah Majukan BPD HIPMI Banten

👤Wibowo Sangkala 🕔Minggu 18 April 2021, 08:00 WIB
Rifky Hermiansyah menjadi orang pertama mengambil Formulir Calon Ketua Umum BPD HIPMI...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya