Rabu 24 Februari 2021, 18:26 WIB

Sepekan Terakhir, 13 Bencana Hidrometeorologi Terjadi di Cianjur

Benny Bastiandy | Nusantara
Sepekan Terakhir, 13 Bencana Hidrometeorologi Terjadi di Cianjur

DOK MI
Tanah bergerak

 

SEDIKITNYA 13 bencana hidrometeorologi terjadi di berbagai wilayah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dalam sepekan terakhir. Kebanyakan  bencana yang terjadi adalah tanah longsor.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Moch Irfan Sofyan, menuturkan pada hasil rekapitulasi kebencanaan, per 18 Februari 2021 terjadi 22 kali bencana. Namun selang hampir sepekan atau pada Selasa (23/2), jumlahnya bertambah menjadi 35 kejadian bencana. "Kurun seminggu terakhir ini ada penambahan sekitar 13 kali bencana," kata Irfan.

Penambahan bencana selama sepekan itu yakni tanah longsor sebanyak 10 kali, pergerakan tanah 1 kali, dan banjir 2 kali. Dengan begitu, jumlah kejadian bencana selama periode Januari-Februari 2021 tercatat sebanyak 35 kali.

"Curah hujan saat ini memang masih diprediksi akan terus terjadi. Kita belum mengetahui sampai kapan musim hujan ini berakhir. Kondisi cuaca tak bisa diprediksi. Pagi sampai siang cerah tapi bisa saja menuju sore turun hujan deras," jelas Irfan.

Dari 35 kejadian bencana selama Januari-Februari, sebanyak 26 kali merupakan tanah longsor dan pergerakan tanah, 2 kali banjir/banjir bandang, 6 kali puting beliung, serta 1 kali cuaca ekstrem.

BPBD Kabupaten Cianjur terus meningkatkan kewaspadaan dengan potensi bencana hidrometeorologi mengingat curah hujan masih relatif tinggi. "Di setiap desa kami sudah menempatkan Retana (relawan tangguh bencana) sebanyak 1.800 orang atau di masing-masing sebanyak 5 orang. Ditambah 1 orang korcam (koordinator kecamatan) di 32 kecamatan, jadi seluruhnya berjumlah 1.832 orang," beber Irfan. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

Penerimaan Pajak di Babel Turun 43 Persen

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 15 April 2021, 09:03 WIB
Pada triwulan 1 tahun 2021 pajak yang berhasil dikumpulkan KPP Pratama Pangkalpinang, Bangka dan Tanjung Pandan Belitung hanya Rp311,36...
MI/Djoko Sardjono

Kampung Ramadan di Klaten Ditiadakan

👤Djoko 🕔Kamis 15 April 2021, 08:54 WIB
Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah melarang penyelenggaraan Kampung Ramadan 1442 H. Kebijakan ini diambil dalam upaya pengendalian...
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Kota Tasikmalaya Wacanakan Buka Sekolah Juli Mendatang

👤Kristiadi 🕔Kamis 15 April 2021, 08:34 WIB
Pemerintah Kota Tasikmalaya mewacanakan pembukaan sekolah tatap muka pada tahun ajaran baru, Juli...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya