Selasa 23 Februari 2021, 16:42 WIB

Kawanan Gajah Liar Rusak Lahan Pertanian dan Perkebunan di Muba

Dwi Apriani | Nusantara
Kawanan Gajah Liar Rusak Lahan Pertanian dan Perkebunan di Muba

MI/Rudi Kurniawansyah
Kawanan gajah liar

 

KAWANAN gajah liar masuk ke pertanian dan perkebunan milik warga di Desa Mulya Agung, Kecamatan Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, Senin (22/2) malam. Akibatnya, tanaman padi dan kelapa sawit milik warga di desa tersebut rusak.

"Iya berdasarkan laporan warga, pada Senin malam (22/2), ada kawanan gajah liar yang memakan dan merusak tanaman padi dan kelapa sawit milik warga," ujarnya Kepala Kepolisian Sektor Lalan, Iptu Nazaruddin, Selasa (23/2).

Ia mengatakan, dari laporan warga itu diketahui ada enam ekor gajah dewasa yang sudah melakukan tindakan tersebut. Akibatnya, lahan pertanian dan perkebunan seluas 1,5 hektare rusak.

Untuk menghalau kawanan gajah tersebut, warga sudah mengambil tindakan. Yakni mengusir kawanan gajah dengan cara tradisional yakni memakai obor, tanpa melukai kawanan gajah tersebut.

"Kawanan gajah ini diusir dan diarahkan keluar lahan pertanian dan perkebunan memakai obor. Kawanan gajah itu termonitor masih berada di semak belukar seputaran Desa Mulya Agung ke arah Desa Karya Mukti untuk saat ini," jelas dia.

Untuk sementara, kata Nazar, warga masih berjaga-jaga agar kawanan gajah tersebut tidak masuk kembali ke lahan pertanian dan perkebunan milik mereka. "Masih dilakukan monitor agar kawanan gajah tidak masuk kembali, pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Wibowo Sangkala

Karang Taruna Banten Lirik Peluang Usaha

👤Wibowo Sangkala 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 22:00 WIB
Karang Taruna Banten berusaha menjadi akselerator dari sisi akses penunjang bagi kelancaran usaha para anggota Karang Taruna yang...
MI/CRI CANON RIA DEWI

Sinergi BUMN dan BUM-Des Percepat Pemulihan Ekonomi di Lampung

👤Cri Canon Ria Dewi 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 21:10 WIB
Pemprov Lampung terus membuat terobosan baru berupa program-program unggulan yang bersinergi dengan BUM-Des dan Desa...
MI/YOSE HENDRA

PT Pangansari Utama Saling Sinergi Kembangkan Nasi Padang Instan

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 21:08 WIB
Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumatra Barat Efendi melihat peluncuran Nasi Padang Instan merupakan wujud implementasi masa depan pangan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mengenal Skandal Menghebohkan Pandora Papers

Rahasia kekayaan para elite kaya yang berasal dari 200 negara dan wilayah di dunia terungkap melalui dokumen Pandora Papers

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya