Senin 22 Februari 2021, 08:40 WIB

Pascabanjir, Warga Tegal Bersihkan Irigasi dan Tabur Ikan

Supardji Rasban | Nusantara
Pascabanjir, Warga Tegal Bersihkan Irigasi dan Tabur Ikan

MI/Supardji Rasban.
Anggota DPR Komisi IX Dewi Aryani didampingi pengurus Karang Taruna Kabupaten Tegal menabur bibit ikan di irigasi Desa Kalibayem.

 

PASCAbanjir dan longsor yang terjadi di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, beberapa hari lalu, warga Desa Kalibayem Kecamatan Talang membersihkan sejumlah irigasi. Kegiatan yang diinisiasi jajaran Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan dan karang taruna setempat juga menebar bibit ikan. Langkah tersebut dilakukan dalam upaya memperbaiki sekaligus menjaga lingkungan.

Bersih-bersih serta tabur bibit ikan salah satunya dilakukan di irigasi Desa Kaligayam. Warga yang dibantu anggota karang taruna serta jajaran pengurus DPC Kabupaten Tegal tersebut membersihkan sekaligus menguras irigasi yang dangkal.

Setelah kondisi irigasi alurnya sudah dalam dan bersih, penaburan bibit ikan antara lain dilakukan oleh anggota DPR dari Komisi IX Jawa Tengah yang wilayah kerjanya meliputi Kabupaten/Kota Brebes dan Tegal, Dewi Aryani. Tak hanya membersihkan dan menguras serta menabur bibit ikan di irigasi dalam acara itu juga dilakukan pembagian sembagaksu bagi warga kurang mampu yang ikut terdampak banjir.

"Banyak warga terutama dari golongan ekonomi lemah terdampaak banjir dan longsor yang perlu kita bantu," ujar Dewi, usai menabur bibit ikan, Minggu (21/2). Dewi menyebut banjir dan tanah longsor yang terjadi di banyak daerah termasuk Kabupaten Tegal, tidak lain karena rusaknya lingkungan akibat ulah manusia. "Ini menjadi tanggung jawab bersama untuk memperbaiki serta menjaga lingkungan," ucap DeAr, sapaan Dewi Aryani.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Tegal Edi Sulistiyo, menuturkan sebelum irigasi ditaburi bibir ikan, sudah dibuatkan penyekat sepanjang 100 meter. "Untuk pengawasan atau pemeliharaan ikan akan melibatkan waga setempat," ujar EDi. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Dirlantas Jateng: Seluruh Pelanggar Lalin Termonitor ETLE

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 17 Januari 2022, 07:06 WIB
Ditlantas Polda Jawa Tengah menindak 34 ribu pelanggar lalin dalam 15 hari awal di...
 ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Banyak Bibit Ayam Mati dan Sakit, Harga Telur di Tanjungpinang Naik

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Januari 2022, 06:30 WIB
Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Tanjungpinang, Kepri, membeberkan penyebab kenaikan harga telur ayam ras di daerah itu...
AFP

Vaksinasi Lansia di Medan Capai 60,26 Persen

👤Ant 🕔Minggu 16 Januari 2022, 23:58 WIB
Pemkot Medan,  akan fokus melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun direncanakan berlangsung secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya