Kamis 04 Februari 2021, 21:07 WIB

Penyintas Covid-19 di Kupang Antusias Donor Plasma Konvalesen

Palce Amalo | Nusantara
Penyintas Covid-19 di Kupang Antusias Donor Plasma Konvalesen

ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Plasma konvalesen hasil donor dari seorang penyintas covid-19

 

ANTUSIASME penyintas covid-19 menjadi pendonor plasma konvalesen di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur cukup tinggi. Pada Kamis (4/2), sedikitnya 54 orang telah mendaftar dan telah menjadi pendonor plasma konvalesen.

Para pendonor itu terdiri dari 20 orang golongan darah A, 14 orang golongan darah B, tiga orang golongan darah AB, dan 17 orang golongan darah O. Mereka terdorong menjadi pendonor untuk membantu warga lainnya yang sedang dirawat akibat covid-19.

Di antara para pendonor plasma konvalesen adalah Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef Nae Soi yang melakukan donor di UPT Palang Merah Indonesia (PMI) NTT. "Saya donor plasma darah saya kepada salah seorang ibu orang yang membutuhkan," katanya.

Identitas dan nomor telepon para penyintas tersebut telah dikumpulkan di salah satu grup WhatsApp Donor Darah dan siap melakukan donor kepada pasien covid-19.

Sementara itu, pada Kamis (4/2) terdapat tiga permintaan donor plasma konvalesen dari pasien covid-19 berasal dari Rumah Sakit (RS) Carolus Borromeus, RS Bhayangkara dan RS Kartini. Jumlah penyintas yang bersedia mendonorkan darahnya itu masih jauh di bawah pasien sembuh dari covid-19 di Kota Kupang yang mencapai 1.053 orang dari 2.675 kasus.

Syarat bagi penyintas menjadi pendonor plasma konvalesen yakni  berusia 17-50 tahun, diutamakan pria, perempuan yang belum menikah dan  melahirkan, dan hasil swab negatif terakhri minimal 14 hari. (OL-15)

Baca Juga

Antara/Adiwinata Solihin

Lapas Kendari Berdayakan Narapidana untuk Kembangkan Pertanian Hidroponik

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:26 WIB
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kendari, Sulawesi Tenggara, memberdayakan narapidana dalam pengembangan pertanian tanaman...
MI/Dwi Apriani

Panglima TNI Tinjau Pelaksanaan Latihan Puncak Super Garuda Shield

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:23 WIB
PANGLIMA TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Panglima Komando Indo Pasifik Admiral John C Aquilino meninjau pelaksanaan latihan puncak...
dok.ist

Ganjar Didoakan Ribuan Santri di Pemekasan untuk Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:20 WIB
TAK kurang dari 2.000 santri yang tergabung dalam Santri Dukung Ganjar Jawa Timur ikut serta dalam gebyar salawat dan doa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya