Rabu 27 Januari 2021, 20:05 WIB

Lamongan Gelar Serentak Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

M Yakub | Nusantara
Lamongan Gelar Serentak Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

MI/M Yakub
Bupati Lamongan Fadeli membuka Pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Lamongan.

 

PEMKAB Lamongan, Jatim, mengelar vaksinasi Covid-19 secara serentak di seluruh fasilitas layanan kesehatan di kabupaten setempat. Pemkab juga menyiapkan 72 tim dengan melibatkan 410 sumber daya manusia.

Vaksinasi ini dilaksanakan setelah Pemkab Lamongan menerima 4.480 vaksin covid-19 tahap pertama, pada Senin (25/1) dini hari di Gudang Farmasi Kabupaten Lamongan. Dari jumlah itu vaksin dibagi dalam empat sesi pendistribusian ke 45 Fasilitas Layanan Kesehatan di seluruh
Kecamatan.

Pencanangan vaksinasi dilakukan Bupati Lamongan Fadeli dengan memulai vaksin serentak di halaman Pendopo Pemkab Lamongan yang selanjutnya digelar secara serentak dari masing-masing fasilitas layanan kesehatan, Rabu (27/1) pagi. ''Lamongan siap melaksanakan dan mesukseskan vaksinasi covid-19, telah kami siapkan 72 tim dengan 410 sumber daya manusia," terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan Taufiq Hidayat.

Sejak kedatangan vaksin Senin, kata dia, vaksin telah distribusikan ke 45 fasilitas layanan kesehatan. Sehingga pada Rabu pagi dapat digelar serentak pencanangan vaksin covid-19 di Kabupaten Lamongan.

''Meski sudah dilaksanakan vaksinasi, kita tidak boleh lengah. Kita tidak tahu selesainya pandemi ini sampai kapan. Ini adalah salah satu ikhtiar kita untuk membentuk herd immunity sehingga dapat melindungi keluarga dan orang-orang di sekitar kita yang tidak dapat divaksinasi,'' tambah Bupati Fadeli.

Pemberikan vaksin tidak hanya pada Forkopimda, sejumlah Kepala OPD, dan Ketua Ormas. Juga termasuk 15 role model telah lolos seleksi awal untuk mendapatkan vaksinasi yang pertama. Mereka di antaranya Komandan Kodim 0812 Letkol. Inf. Sidik Wiyono, Wakil Bupati Kartika Hidayati, Ketua DPRD Abdul Ghofur, Kepala Kejaksaan Negeri, dan Ketua Pengadilan Negeri. Semetara Bupati Fadeli tidak lolos skrining awal karena kriteria usia dan Kapolres AKB Miko Indrayana adalah penyintas covid-19.

''Ada sebanyak 14 pertanyaan dalam skrining awal yang harus dijawab, dari hasil skrining tersebut kemudian dilaksanakan vaksinasi covid-19 yang pertama di Lamongan ini. Saya tidak termasuk karena kriteria usia 17-59 tahun tidak terpenuhi,'' ungkap Fadeli.

Sesuai mekanisme, di lokasi ada empat meja yang masing-masing memiliki tahapan dengan empat kursi itu berurutan. Pada meja pertama untuk registrasi. Para calon penerima vaksin menunjukkan e-tiket dan KTP untuk konfirmasi kelayakan menerima vaksin.

Kemudian, di meja kedua dilakukan proses skrining. Di meja tersebut petugas memeriksa calon penerima vaksin. Pemeriksaan dilakukan dengan menilai terkait bebrapa aspek kesehatan.

Jika lolos di meja kedua, maka akan berlanjut pada meja ke tiga, tempat proses vaksinasi dilakukan. Antara laki-laki dan perempuan disediakan tempat terpisah. Lantas berlanjut ke meja keempat untuk pencatatan dan pemberian kartu vaksinasi. (YK/OL-10)

Baca Juga

DOK/PELINDO

Kolaborasi Anak Cucu Pelindo Tingkatkan Produktivitas Pelayanan

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 22:20 WIB
Anak cucu PT Pelindo I-IV sepakat bekerja sama guna meningkakan pelayanan dan produktivitas di sektor...
Dok.MI

KLHK Siapkan Pasal Berlapis kepada 4 Pemburu di Way Kambas

👤Dede Susianti 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 20:40 WIB
Atas perbuatannya mereka akan dijerat dengan hukuman pidana berlapis. Karena saat beraksi mereka menggunakan senjata api dan amunisi secara...
Antara

Esok Ribuan Pelaku Pariwisata Bali Divaksin

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 18:20 WIB
Target penerima vaksinasi ini adalah 5.000 orang. Sebanyak 2.500 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dan 2.500 untuk masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya