Rabu 27 Januari 2021, 06:45 WIB

5.400 Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Banyuwangi

Usman Afandi | Nusantara
5.400 Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Banyuwangi

ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Personel Brimob berjaga saat vaksin Covid-19 Sinovac dibawa ke mobil pendingin di kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Surabaya.

 

SEBANYAK 5.400 dosis vaksin covid-19 Sinovac tiba di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (26/1) sekitar pukul 18:00 Wib. Vaksin itu datang dari kota Surabaya dengan dikawal ketat oleh tim gabungan yakni TNI dan Polri. Kemudian vaksin langsung disimpan di ruang penyimpanan milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi.

"Alhamdulillah, sebanyak 5.400 dosis vaksin covid 19 telah tiba di Banyuwangi. Saat ini kami simpan di kamar pendingin penyimpan vaksin," ujar Kepala Dinas Kesehatan Banyuwang, dr. Widji Lestariono.

Adapun 5.400 dosis vaksin Sinovac yang datang ke Banyuwangi itu, nantinya akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

Di Banyuwangi sudah disediakan 49 fasilitas kesehatan (faskes) yang akan melayani vaksinasi. Yakni 45 Puskesmas, dua rumah sakit daerah, kantor kesehatan pelabuhan (KKP) Banyuwangi, dan klinik kesehatan Polresta Banyuwangi.

"Sudah kami instruksikan agar pengambilan vaksin setiap faskes koordinasi dengan pihak pengamanan setempat. Karena pengambilan vaksin harus memperhatikan keamanan. Besok mereka akan mengambil sesuai jadwalnya," katanya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan vaksinasi di Banyuwangi akan dimulai pada Kamis 28 Januari 2021, dan pada tahap pertama vaksinasi ini akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

"Kick off vaksinasi akan dilakukan Kamis 28 Januari 2021. Pelaksanaan akan ditandai dengan pemberian vaksinasi pada sejumlah tokoh Banyuwangi. Dengan diawali dari tokoh, kami berharap bahwa seluruh warga mendukung vaksinasi ini," kata Rio, sapaan akrab dr Widji Lestariono.

Setiap penerima vaksin covid 19 akan diberikan suntikan vaksin sebanyak dua kali, dengan interval waktu 14 hari dari suntikan pertama.

"Nantinya secara bertahap, kami berharap 70 persen populasi di Banyuwangi sudah menerima vaksin covid 19, sehingga bisa segera tercipta kekebalan tubuh bersama," pungkasnya.

baca juga: Cianjur Terima 10 Ribu Dosis Vaksin Sinovac, Rabu mulai Vaksinasi

Hingga 26 Januari, data sebaran covid-19 di wilayah Bayuwangi ada 4726 orang terkonfirmasi positif covid-19, sebanyak 3989 orang di antaranya sudah sembuh, 278 orang masih dalam perwatan dan sebanyak 459 orang meningal dunia. (OL-3)

Baca Juga

MI/Supardji Rasban

Konflik Walikota vs Wakil Walikota Tegal Belum Usai

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 03 Maret 2021, 07:58 WIB
Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal akhirnya duduk bersama dan menyaksikan  acara penyerahan program TNI Manunggal Membangun Desa...
Dok MI

Kasus Sembuh Covid-19 di Klaten Bertambah

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 03 Maret 2021, 07:25 WIB
Kasus covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, bertambah 11 orang terkonfirmasi positif, Selasa (2/3). Namun, kali ini terdapat 24...
MI/Hijrah Ibrahim

Maluku Utara Kini Punya Kawasan Berikat Sektor Pertambangan

👤Hijrah Ibrahim 🕔Rabu 03 Maret 2021, 07:18 WIB
Pemprov Maluku Utara dan Bea Cukai meresmikan Kawasan Berikat di Kawasi, Halmahera Selatan, untuk sektor pertambangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya