Minggu 24 Januari 2021, 13:16 WIB

Puluhan Ribu Dosis Vaksin Sinovac Mulai Diterima Daerah di Jateng

Akhmad Safuan | Nusantara
Puluhan Ribu Dosis Vaksin Sinovac Mulai Diterima Daerah di Jateng

MI/Andri W
Vaksin Sinovac.

 

SEJUMLAH daerah di Jawa Tengah mulai menerima puluhan ribu dosis Vaksin Sinovac. Penyuntikan vaksin kepada ribuan tenaga kesehatan (nakes) di sejumlah daerah akan dimulai Senin (25/1).

Pemantauan Media Indonesia Minggu (24/1), sejumlah daerah di Jawa Tengah seperti Blora, Kudus, Jepara, dan Grobogan mulai menerima Vaksin Sinovac. Saat ini puluhan ribu dosis vasin covid-19 tersebut disimpan di gudang dinas kesehatan masing-masing daerah dengan pengamanan cukup ketat.

Penyuntikan kepada puluhan ribu nakes yang bertugas di daerah tersebut juga akan dimulai pada Senin (25/1). Namun sebelumnya sejumlah daerah akan memulai awal penyuntikan secara serimonial kepada para kepala daerah dan pejabat setempat sebagai tanda dimulainya vaksinasi di daerah tersebut.

Kabupaten Kudus mendapat alokasi 11.280 dosis vaksin sinovac. Menurut rencana akan mulai disuntikan kepada 5.618 nakes, baik yang bekerja di rumah sakit maupun puskesmas. ''Kita akan mulai lakukan vaksinisasi kepada nakes besok,'' kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Andini Aridewi.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Tiba di Yogyakarta

Sementara Kabupaten Blora berdasarkan data mendapatkan 7.440 dosis vaksin sinovac dan direncanakan akan disuntikan kepada 3.680 nakes di daerah itu. Sedangkan kepala daerah dan pejabat setempat akan divaksin lebih dahulu. Namun khusus Wakil Bupati Blora Arief Rohman tidak akan ikut divaksin karena sebagai penyintas.

Sekretaris Dinas Kesehatan Blora Lucius Kristiawan mengatakan untuk keamanan vaksin, rantai dinginnya harus dijaga. Berdasarkan pemeriksaan di tempat penyimpanan Gudang Farmasi Dinkes Blora, cold chain sudah memenuhi syarat semua sehingga aman sampai disuntikkan.

Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan KLB Dinkes Grobogan Pujiono mengungkapkan jumlah vaksin tahap pertama yang diterima daerah ini sebanyak 9.680 dosis. Menurut rencana mulai disuntikkan kepada 4.823 nakes dan 10 pejabat di daerah.

''Penyuntikan kepada ribysn nakes yang bertugas di 30 puskesmas dan delapan rumah sakit se-Kabupaten Grobogan akan kami mulai Senin (25/1),'' ujar Pujiono.

Sedangkan Kabupaten Jepara menerima 8.820 dosis vaksin sinovac yang akan disuntikkan kepada ribuan nakes, baik di rumah sakit maupun puskesmas yang ada. Menurut rencana setiap nakes akan disuntik dua kali sesuai ketentuan. ''Kita akan mulai penyuntikan kepada 10 pejabat Forkompimda,'' kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara M Fakhrudin. (AS/OL-10)

 

Baca Juga

MI/Susanto

Selama 6 Hari, 16.364 Orang Ikuti Vaksinasi Massal di Yogyakarta

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Minggu 07 Maret 2021, 13:09 WIB
"Total teregistrasi ada 19.200 orang, yang datang 17.240 (89.79%) orang, dan yang divaksinasi 16.364 orang (85.18%),"...
DOK BKSDA Riau

Hujan Bantu Padamkan Karhutla di Giam Siak Kecil

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Minggu 07 Maret 2021, 12:45 WIB
Hujan deras yang mengguyur wilayah Riau sejak Sabtu (6/3) hingga Minggu (7/3) pagi, berhasil membantu memadamkan lebih dari 100 hektare...
MI/Usman Iskandar

Sulsel Perketat Pintu Masuk Cegah Varian Baru Covid

👤Lina Herlina 🕔Minggu 07 Maret 2021, 12:38 WIB
Untuk mencegah masuknya virus korona varian baru, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar melakukan langkah-langkah pencegahan termasuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya