Minggu 24 Januari 2021, 12:24 WIB

132 PPL Se-Babel Mendapat Smartphone

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
132 PPL Se-Babel Mendapat Smartphone

ANTARA
Seorang petugas penyuluh lapangan sedang memeriksa jagung terserang hama.

 

UNTUK mempermudah Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam membimbing petani, Gubernur Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan memberikan bantuan 132 Smartphone. Smartphone tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Erzaldi Rosman Djohan saat pelaksanaan Bimbingan teknis bagi PPL dan petani di Rumah Dinas Gubernur, Minggu (24/1).

Erzaldi mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) terus mendorong dan menyosialisasikan program tanaman porang dan jahe merah kepada PPL yang akan membantu petani.

Menurutnya, Komoditas ini dipilih karena cocok untuk ditanami di tanah Babel. Dalam persiapannya, Erzaldi memastikan ketersediaan offtaker yang akan membeli hasil produksi petani. Antara lain, perusahaan BUMD dan luar BUMD, PT Paidi Porang Indonesia.

Baca Juga: Sertifikasi Kompetensi P3K Wajib Bagi Penyuluh Pertanian Honorer

Ia menyebutkan, kegiatan ini mendorong PPL untuk berkarya sekaligus memotivasi para petani agar memperoleh hasil produksi yang maksimal. Untuk itu, sebagai upaya menambah nilai dari hasil produksi petani Babel, 132 smartphone pun diberikan kepada PPL di kabupaten/kota se-Babel. Hal ini agar PPL lebih serius dan fokus dalam membimbing petani.

Ia meminta alat komunikasi ini digunakan untuk memantau bersama semua komoditas di bawah naungan PPL. Serta mempermudah komunikasi yang membahas tentang masalah pertanian dan pelaporan segala aktivitas pertanian. ''Petani harus dibantu, PPL juga harus selalu mengupdate kemampuannya," ungkapnya.

Peningkatan Ekonomi Nasional (PEN) Program budi daya porang dan jahe merah dilaksanakan melalui bantuan pemerintah yang tidak lagi diberikan secara tunai atau langsung tetapi melalui sistem Kredit Usaha Rakyat (KUR) perbankan. Jadi bantuan diberikan dalam bentuk kebutuhan seperti pupuk dan sebagainya.

"Kami ingin para penyuluh mendapat ilmu sebelum mereka sosialisasikan tentang dua komoditi baru di Babel ini kepada petani-petani," imbuhnya.

Dirinya berharap, PPL dapat mencapai tujuannya antara lain, membantu petani daerah, meningkatkan produksi sesuai dengan target, menanam porang di lahan seluas 1000 hektar, dan memiliki pabrik pengelola produksi.

"Walaupun perjuangannya cukup berat dan bibit masih belum banyak tersedia, tapi dengan manajemen yang baik, tujuan kita bersama pasti bisa terwujud,'' ucap dia.(RF/OL-10)

Baca Juga

DOK/PELINDO

Kolaborasi Anak Cucu Pelindo Tingkatkan Produktivitas Pelayanan

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 22:20 WIB
Anak cucu PT Pelindo I-IV sepakat bekerja sama guna meningkakan pelayanan dan produktivitas di sektor...
Dok.MI

KLHK Siapkan Pasal Berlapis kepada 4 Pemburu di Way Kambas

👤Dede Susianti 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 20:40 WIB
Atas perbuatannya mereka akan dijerat dengan hukuman pidana berlapis. Karena saat beraksi mereka menggunakan senjata api dan amunisi secara...
Antara

Esok Ribuan Pelaku Pariwisata Bali Divaksin

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 18:20 WIB
Target penerima vaksinasi ini adalah 5.000 orang. Sebanyak 2.500 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dan 2.500 untuk masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya