Jumat 22 Januari 2021, 09:35 WIB

Kota Tasikmalaya Dapat 4.020 Dosis Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

Kristiadi | Nusantara
Kota Tasikmalaya Dapat 4.020 Dosis Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

MI/ANDRI WIDIYANTO
Sejumlah tenaga kesehatan menjalani vaksinasi di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

 

PEMERINTAH Kota Tasikmalaya melalui Dinas Kesehatan akan mendapatkan 4.020 dosis vaksin Covid-19 tahap pertama. Vaksin covid-19 tersebut akan diberikan kepada 2.000 tenaga kesehatan dan 10 pejabat publik. Masing-masing peserta vaksinasi akan mendapatkan dua dosis vaksin.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra mengatakan untuk sekarang ini belum bisa memastikan jumlah dosis tapi berdasarkan informasi Kementerian Kesehatan, vaksin tersebut akan didistribusikan segera sembari menunggu kepastian dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

"Dari kementerian yang saya pegang tercatat 2.000 nakes dan 10 pejabat publik dan apakah nanti adanya perubahan kami menyesuaikan dari provinsi. Sekarang ini kami telah menyiapkan gudang penyimpanan jika vaksin itu datang ke Kota Tasikmalaya. Vaksin-vaksin ini akan disimpann di lemari pendingan yang memiliki kapasitas bisa menampung 7.000 dosis vaksin," kata Asep Hendra, Jumat (22/1).

Asep menambahkan meskipun dari Pemprov Jabar belum ada informasi kapan vaksin akan datang, Dinas Kesehatan Kota Taskmalaya telah menyiapkan lemari khusus untuk menyimpan vaksin.

baca juga: Temanggung Siapkan Rp3,4 Miliar Untuk Operasional Vaksinasi Covid

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, vaksin Covid-19 diperkirakan sampai ke Tasikmalaya pada Jumat (22/1). Karenanya, daerah harus mempersiapkan manajemen vaksinasi jelang pelaksanaan. Kota Tasikmalaya harus sukses mengadakan vaksinasi covid-19.

"Untuk dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari penularan Covid-19 dapat dilakukannya dengan dua cara yakni pernah terpapar Covid-19 dan cara vaksinasi. Tetapi imunitas vaksin itu muncul tiga bulan setelah menerima dosis kedua. Jadi setelah vaksinasi jangan euforia dulu seperti artis ibu kota baru sekali sudah menggelar pesta," kata Ridwan Kamil. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Kasus Covid-19 di Klaten Belum Terkendali

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 08 Maret 2021, 10:14 WIB
Kasus positif covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Minggu (7/3), bertambah 15 orang dan terdapat 12 pasien...
MI/Surya Sriyanti

Gubernur Kalteng Minta Bupati Petakan Daerah Rawan Kathutla

👤Surya Sriyanti 🕔Senin 08 Maret 2021, 09:29 WIB
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran meminta pemerintah kabupaten/kota untuk tidak jenuh melakukan upaya pemetaan wilayah...
Mi/Amiruddin Abdullah Reubee

Mahasiswa USK Desak Keluarga Mantan Dosen Segera Keluar Dari Rumah

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Senin 08 Maret 2021, 08:25 WIB
Keluarga mantan dosen Universitas Syah Kuala Aceh masih bertahan di rumah dinas. Sementara para mahasiswa harus kuliah di kelas tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya