Kamis 21 Januari 2021, 16:40 WIB

Ribuan Hektar Sawah di Kabupaten Cirebon Masih Terendam Banjir

Nurul Hidayah | Nusantara
Ribuan Hektar Sawah di Kabupaten Cirebon Masih Terendam Banjir

Antara
Ribuan hektare sawah yang sudah ditanami padi berusia 1 minggu hingga 1 bulan terendam banjir di Kabupaten Cirebon, Kamis (21/1/2021)

 

PETANI padi di Kabupaten Cirebon terancam menanam ulang (replanting), sebab hingga kini ribuan hektare tanaman padi di sana masih terendam banjir.

Dari informasi dari Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, tercatat 5.254 hektar tanaman padi di 11 kecamatan di Kabupaten Cirebon saat ini masih terendam banjir. Masing-masing di Kecamatan Plered, Gunungjati, Jamblang, Klangenan, Susukan, Kaliwedi, Panguragan, Gegesik, Kapetakan, Suranenggala dan Arjawinangun.

"Umur tanaman padi yang terendam banjir antara 1 minggu hingga 1 bulan," ungkap Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Wasman, Kamis (21/1).

Jika dalam beberapa hari ke depan air tak kunjung surut, maka dipastikan petani akan melakukan replanting. Untuk itu, lanjut Wasman, pihaknya akan mengajukan bantuan bibit untuk petani ke APBD.  Wasman juga berharap bantuan bibit tersebut segera didapatkan sehingga bisa diberikan ke petani musim gadu pertama atau masa tanam 2021-2022.

Mengenai pupuk, petani sudah memiliki jatah pupuk untuk satu tahun. "Yang sudah terpakai nantinya akan dimohonkan ulang melalui RDKK dan di input baru," ungkap Wasman.

Masih tergenangnya tanaman padi akibat banjir besar yang melanda Kabupaten Cirebon akhir pekan lalu dikarenakan debit air sungai masih penuh, diperparah dengan pendangkalan yang cukup tinggi di daerah hilir.

BBWS Cimanuk-Cisanggarung menurut Wasman sebenarnya sudah meminjmankan eskacator amphibi untuk melakukan pengerukan yang saat ini pengelolaannya ada di desa. Dengan adanya eskavator itu, Wasman berharap bisa segera segera menyurutkan air yang menggenangi tanaman padi di Kabupaten Cirebon. (OL-13)

Baca Juga: Kendalikan Banjir 487 Unit Pompa Stasioner di Ibu Kota Disiagakan

 

Baca Juga

MI/Widjajadi

Takbir Keliling Terjadi di Kawasan Dalam Benteng Keraton Surakarta

👤Widjajadi 🕔Kamis 13 Mei 2021, 00:06 WIB
Usai salat tarawih, Rabu (12/5), jemaah masjid di kawasan permukiman Baluwarti yang berada di dalam benteng Keraton Surakarta melakukan...
ANTARA/Raisan Al Farisi

Sengketa Ketenagakerjaan, PT Masterindo Jaya Abadi Ajukan Kasasi

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 12 Mei 2021, 22:55 WIB
Perusahaan sudah mengajukan kasasi ke MA karena ada diktum yang tak...
Antara

Jelang Lebaran, 431 Ribu Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatera

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 12 Mei 2021, 21:36 WIB
Hingga Selasa (11/05), tercatat total 519 kendaraan yang diputarbalikan dari 3.840 kendaraan yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya