Rabu 20 Januari 2021, 17:40 WIB

Pulau Kemaro akan 'Disulap' Jadi Ikon Wisata Kota Palembang

Dwi Apriani | Nusantara
Pulau Kemaro akan

ANTARA
Pulau Kemaro yang berada di Sungai Musi, Sumatera Selatan, akan jadi ikon wisata Kota Palembang.

 

BERBAGAI upaya dilakukan Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan untuk menggeliatkan pariwisata di daerah tersebut. Dengan ikon Sungai Musi Palembang, rencananya Pemkot Palembang bakal membuat pusat wisata air unggulan yang berpusat di Pulau Kemaro.

Harapannya, kunjungan wisatawan di Kota Palembang bisa meningkat nantinya. Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan pihaknya memastikan akan fokus dalam membangun pusat wisata air unggulan di kawasan Pulau Kemaro. Pulau Kemaro yang memiliki luas sekitar 25 hektare itu akan disulap mirip wisata Ancol yang ada di Ibukota Jakarta, ditargetkan 2021 harus terlihat akselerasi pembangunannya.

"Saya meminta untuk semua Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Palembang untuk berkerja ekstra untuk mewujudkan pusat wisata air di Pulau Kemaro itu nantinya. 2021, harus ada progresnya," kata Harnojoyo saat memimpin rapat koordinasi Forum Tangung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Rabu (20/1).

Nantinya, kata dia, tidak hanya Sungai Musi yang terkenal sebagai ikon kota Palembang, melainkan juga wisata air yang ada di Pulau Kemaro yang digadang akan menyaingi pusat wisata Ancol yang ada di Ibukota Jakarta. "Kita ingin Palembang memiliki icon baru, yakni wisata air dan mengembalikan julukan Venesia dari Timur," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Forum Tangung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Kota Palembang, Harrey Hadi mengatakan, untuk pengembangan pusat wisata air itu nantinya, pihaknya melibatkan semua pihak ketiga melalui dana Corperate Sosial Responsibilty (CSR).

"Tidak hanya mengunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), kita juga akan melibatkan forum CSR Angkasa Pura, Pelindo, Pusri, Pertamina, PLN  dan investor," tegasnya.

Ia menyebutkan, Pulau Kemaro selama ini hanya menjadi angenda wisata satu tahun sekali pada perayaan Cap Go Meh, akan berubah menjadi kunjungan wisata wajib jika berkunjung ke Kota Palembang, yakni berkunjung dan beriwisata di Pulau Kemaro.

Nantinya di Pulau Kemaro itu, kata Harry, akan dilengkapi semua fasilitas pendukung yang menunjang untuk pusat wisata itu nantinya. “Tentu kita tidak hanya menggunakan dana APBD saja, tapi kita perlu investor, karena kita perlu Rp1,4 triliun disana nantinya akan ada semua fasilitas pendukung mulai dari apartemen, semua pusat jajanan kuliner, wahana air anak-anak, resort, dan sebagainya," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Isnaini Madani menjelaskan, akan ada lonjakan wisatawan baik domestik maupun manca negara nantinya jika rencana ini dibangun. “Kalau pada saat Cap Go Meh tercatat hanya ada 4 ribu wisatawan yang berkunjung ke Palembang, nantinya kita targetkan akan ada lonjakan kunjungan wistawan yang ditarget mencapai 6 ribu wisatawan," jelasnya. (OL-15)

Baca Juga

Antara

Sprindik KPK Buat Anak Bupati Bandung Barat Beredar

👤Depi Gunawan 🕔Selasa 09 Maret 2021, 15:50 WIB
BEREDAR selembar surat dari KPK berisi pemberitahuan dimulainya penyidikan terhadap Andri Wibawa, putra ke-4 Bupati Bandung Barat, atas...
MI/Adi Kristiadi

Kata Siapa Harga Cabai Mahal, Petani Sejahtera

👤Depi Gunawan 🕔Selasa 09 Maret 2021, 15:35 WIB
HARGA cabai yang saat ini tinggi tidak selalu membuat petani diuntungkan sebab  jalur distribusi yang terlalu panjang dari petani ke...
Antara

Dinkes Telisik Penyebab Lansia Meninggal Usai Divaksin Covid

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 09 Maret 2021, 14:37 WIB
SEORANG perempuan lanjut usia (lansia) 74 tahun, warga Kedunggede, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jateng, meninggal usai divaksin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya