Rabu 20 Januari 2021, 16:10 WIB

505 Jiwa Terdampak Meluapnya Sungai di Kabupaten Aceh Timur

Atalya Puspa | Nusantara
505 Jiwa Terdampak Meluapnya Sungai di Kabupaten Aceh Timur

MI/Amir MR
Banjir di Aceh beberapa waktu lalu.

 

SEBANYAK 505 jiwa terdampak meluapnya sungai di Kecamatan Briem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, akibat hujan lebat yang terjadi pada Rabu (20/1) pukul 08.30 WIB.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengungkapkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur melaporkan tinggi mata air berkisar antara 20-80 sentimeter yang berdampak pada tiga desa yakni Alur Nyamuk, Paya Bili Satu, dan Paya Bili Dua di Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

"Adapun kerugian materiel tercatat kurang lebih 185 rumah warga terendam. BPBD Kabupaten Aceh Timur mencatat 40 warganya diharuskan mengungsi karena hal tersebut," kata Raditya dalam keterangan resmi, Rabu (20/1).

Ia menyatakan, saat ini BPBD Kabupaten Aceh Timur melakukan kaji cepat dan koordinasi dengan instansi terkait dalam melakukan evakuasi dan penanganan pascabanjir.

Menurut pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Provinsi Aceh, khususnya Kabupaten Aceh Timur, berpotensi mengalami hujan ringan sampai sedang hingga tiga hari ke depan.

"BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga menghadapi musim hujan yang akan terjadi di sejumlah wilayah hingga akhir Februari 2021," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/Tosiani

Kasus DBD di Kota Bandung Meningkat

👤Naviandri 🕔Minggu 23 Januari 2022, 12:30 WIB
PEMKOT Bandung, Jawa Barat meminta masyarakat untuk waspada Demam Berdarah Dengue (DBD), dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah dan...
MI/Haryanto

Ganjar Perintahkan Operasi Pasar Minyak Goreng di Pasar Tradisional

👤 Akhmad Safuan 🕔Minggu 23 Januari 2022, 11:13 WIB
Masih tingginya harga minyak goreng di pasar tradisional, lanjut Ganjar Pranowo, karena para pedagang masih menghabiskan stok yang...
MI/Moat Angga

Mahasiswi Akper Lela Maumere, Kuliah Sambil Jualan Pisgor

👤Gabriel Langga 🕔Minggu 23 Januari 2022, 10:55 WIB
UNTUK meraih cita-cita butuh perjuangan, keringat dan airmata, hal itu ditunjukkan mahasiswi Akademi Keperawatan (Akper) Santa Elisabeth...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya