Selasa 19 Januari 2021, 21:44 WIB

Jokowi Pastikan Penanganan Pascagempa di Sulbar Berjalan Baik

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Jokowi Pastikan Penanganan Pascagempa di Sulbar Berjalan Baik

MI/M Taufan SP Bustan
Prajurit TNI membagikan bingkisan berisi sembako dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada pengungsi gempa bumi Sulbar.

 

PRESIDEN Republik Indonesia Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat, Selasa (19/1). Di dua kabupaten itu, ia meninjau penanganan pasca gempabumi magnitudo 6,2 yang terjadi pada Jumat (15/1) lalu.  

Saat mendarat di Mamuju, Jokowi bersama rombongan terbatas langsung mengecek dampak gempa di kantor gubernur dan berkeliling di dalam kota untuk meninjau dampak gempa lainnya.  

Setelah itu, ia melanjutkan peninjauan di posko pengungsian warga di Stadion Manakarra. Di sana, Jokowi mendatangi satu per satu tenda pengungsi yang telah didirikan Kemensos.  

Saat itu, Jokowi tidak hanya mendatangi, ia juga bercengkrama bersama pengungsi sambil memberikan secara langsung makanan cepat saji kepala seluruh pengungsi yang ada di dalam tenda. "Jangan rebutan, nanti saya bagi makanannya," kata Jokowi saat membagikan makanan cepat saji untuk pengungsi.  

Seusai mengunjungi satu per satu tenda, Jokowi mengatakan, bahwa semua proses pascagempa sudah dilakukan di Mamuju dan Majene.  

Di mana, menurutnya, mulai dari proses pencarian dan pertolongan korban hingga pemberian bantuan, dan penanganan pengungsi sudah terkelola dengan baik. "Dan saya datang ke sini (Mamuju) untuk mengecek itu. Semuanya saya lihat sudah terkelola dengan baik," terang Jokowi.  

Ia menjelaskan, untuk gedung pemerintahan yang roboh pascagempa akan dibangun kembali oleh pemerintah pusat. "Saya sudah sampaikan kepada gubernur, setelah seluruh bangunan di Mamuju diaudit pemerintah pusat akan segera membangun kembali," tegasnya.

Selain itu, lanjut Jokowi, untuk rumah penduduk yang terdampak, pemerintah juga akan memberikan bantuan. Untuk rusak berat diberikan bantuan Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta, dan rusak ringan Rp10 juta. ''Pemulihan rumah roboh harus segera dilakukan," ungkapnya.  

Selain itu, tambah Jokowi, untuk pemulihan ekonomi masyarakat termasuk untuk pelayanan di pemerintahan harus segera dipulihkan. "Semuanya akan segera dipulihkan. Dan saya ingin menyamapaikan duka cita
yang mendalam atas bencan alam ini," tandasnya. (TB/OL-10)

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Kejari Pematangsiantar Hentikan Kasus Memandikan Jenazah Wanita

👤Apul Iskandar 🕔Kamis 25 Februari 2021, 08:27 WIB
Kejaksaan Negeri Pematangsiantar, Sumatra Utara menghentikan kasus pemandian jenazah perempuan positif covid-19 oleh empat terdakwa karena...
Medcom.id

Kasus Covid-19 di Klaten Bertambah Lagi

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 25 Februari 2021, 07:49 WIB
Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (24/2) dilaporkan bertambah 32...
 ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Setiap 15 Menit Gunung Merapi Mengeluarkan Lava Pijar

👤Agus Utantoro 🕔Kamis 25 Februari 2021, 07:20 WIB
Selama 12 jam  sejak Rabu (24/2) sejak pukul 18.00 hingga Kamis (25/2) pukul 06.00, Gunung Merapi mengeluarkan 46 kali lava pijar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya