Selasa 19 Januari 2021, 14:33 WIB

Bupati Bogor: Penyebabnya Longsor, 474 Orang Diungsikan

Dede Susianti | Nusantara
Bupati Bogor: Penyebabnya Longsor, 474 Orang Diungsikan

ANTARA FOTO/Novrian Arbi/
Bupati Bogor Ade Yasin.

 

BANJIR bandang yang terjadi di Kampung Rawa Belang, di Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua atau kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Selasa (19/1) pagi, diduga disebabkan longsor.

"Penyebabnya sendiri longsor. Namun entah dari mana. Kita sedang tunggu laporan. Apakah itu dari pengelupasan di hutan atau kebun teh. Saya secara resmi belum mendapatkan laporan lengkap. Yang jelas, yang penting selamatkan dulu masyarakat. Evakuasi dulu, baru yang lain -lain,"jelas Bupati Bogor Ade Yasin kepada wartawan di Pendopo, Selasa (19/1) siang.

Bupati mengatakan, sudah dilakukan evakuasi terhadap warga yang ada di sekitar lokasi kejadian ke tempat yang aman. Dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor sedang menangani agar tidak tergenang dan terjadi penumpukan sampah.

Bupati juga mengatakan bahwa hingga sejauh ini tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut. Namun ada lebih dari 400 jiwa yang diungsikan ke lokasi aman.

"Langkah selanjutnya yang pertama mengevakuasi masyarakat, karena ini masa pandemi tidak boleh berkerumun dalam satu aula. Jadi kita sedang siapkan tempat yang cukup untuk mereka beristirahat. Kita upayakan juga prokes dan pakai masker,"katanya.

Setelah itu BPBD, tagana dan pihak-pihak terkait bencana untuk mulai mengevakuasi yang lain seperti barang.

Secara terpisah, Budi Pranowo, Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor, Budi Pranowo mengatakan bahwa tim BPBD terdiri dari tim evakuasi dan perlengkapan, tim tenda shelter logistik sudah di lokasi. Begitu juga dengan tim P3K dengan ambulan sudah disiagakan. Dia menyebut ada 134 keluarga (KK) dengan 474 jiwa harus mengungsi. (DD/OL-09)

Baca Juga

dok.humas

Ganjar Pranowo Terima Curhatan Kades-Petani Tembakau di Lampung

👤Haryanto 🕔Minggu 23 Januari 2022, 06:36 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bertemu dengan petani tembakau dan DPC Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)...
MI/Adam Dwi

Beasiswa OSC Medcom.id Jembatan Raih Pendidikan Berkualitas

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:25 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id menjadi jembatan bagi para pelajar di Tanah Air untuk meraih pendidikan...
DOK Sicepat.

Cegah Tsunami, Puluhan Ribu Pohon Ditanam pada Pantai Pangandaran

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:34 WIB
Kegiatan tersebut akan sangat mendukung berbagai ekosistem di wilayah hutan pantai Karang Tirta. Hal ini akan menjadi benteng pertahanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya