Jumat 15 Januari 2021, 22:34 WIB

Gempa Bumi 4,7 Magnitudo Guncang Pangandaran

Kristiadi | Nusantara
Gempa Bumi 4,7 Magnitudo Guncang Pangandaran

ANTARA
Ilustrasi efek gempa bumi.

 

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,7 mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (15/1) pukul 21.17 WIB. Pusat gempa terjadi di 88 kilometer Barat Daya Kabupaten Pangandaran, dengan titik 8.48 LS-108.66 BT di kedalaman 57 kilometer dalam kejadian itu tidak berpotensi tsunami.

"Getaran gempa dirasakan sebagian warga di Kabupaten Pangandaran dan gelombang laut tak ada kenaikan meskipun sebagian warga sempat keluar rumah dan mereka kembali lagi setelah terjadi getaran 3 detik cukup lama," kata petugas operator Pelabuhan Perikanan Cikidang Pangandaran, Massen Sutartono, Jumat (15/1/2021) saat dihubungi Media Indonesia.

Massen mengatakan, masyarakat merasakan gempa bumi yang terjadi pada malam hari itu antara lain di Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya, Banjar dan Garut. Akan tetapi, sekarang belum adanya laporan terkait gempa tersebut tetapi memang getarannya terasa sangat kuat yang membuat warga keluar rumah.

"Warga Pangandaran sekarang ini masih tetap waspada, dan untuk kejadian sekarang belum ada laporan kerusakan rumah di wilayahnya. Namun, kejadian yang terjadi memang banyak warga tetanga keluar dari rumah setelah ada getaran seperti terlihat goyangan lampu dan getaran lemari," ujarnya.

Sementara, Kepala BMKG wilayah II Hendra Nugroho mengatakan, gempa bumi magnitudo 4,7 Episenter terletak pada koordinat 8.48 LS dan 108.66 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km Tenggara Kabupaten Pangandaran pada kedalaman 57 kilometer. Namun, jenis dan mekanisme gempabumi inimemperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi Lempeng Indonesia- Australia yang menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

"Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi dirasakan di wilayah Tasikmalaya, Pangandaran, dan Cisompet dengan Skala Intensitas III MMI, di Bayongbong, Pamarican, Ciamis, Banjar Pataroman, Cipatujah, Cikajang, Cigedug, Garut dengan Skala Intensitas II MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan," paparnya. (Kristiadi/AD/OL-10)

Baca Juga

Antara/Umarul Faruq

Tulungagung Rencanakan Belajar Tatap Muka Mulai Juli 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Maret 2021, 04:00 WIB
Meski demikian, skenario itu diberlakukan apabila vaksinasi tidak molor, dan semua tenaga pendidik sudah diimunisasi. Jika belum,...
Antara/Rony Muharman

Gubernur Edy Perpanjang PPKM di Sumut

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Maret 2021, 03:40 WIB
"Perpanjangan PPKM di Sumut dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 karena pandemi belum berakhir,"...
Antara/Puspa Perwitasari

Diperiksa Kejari, Ini Penjelasan Mantan Bupati Jember

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Maret 2021, 02:00 WIB
Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember melakukan pemeriksaan terhadap mantan Bupati Jember Faida di salah satu ruangan Pidana Khusus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya