Kamis 14 Januari 2021, 07:46 WIB

26 Kecamatan di Garut Laksanakan PPKM

Mediaindonesia.com | Nusantara
26 Kecamatan di Garut Laksanakan PPKM

Humas Kominfo Garut
Bupati Garut sekaligus Ketua Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19,Rudy Gunawan

 

BUPATI Garut Rudy Gunawan menyatakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di 26 dari 42 kecamatan di Kabupaten Garut, Jawa Barat untuk mencegah dan pengendalian penularan wabah covid-19 yang saat ini kasusnya terus bertambah.
  
"Penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid-19," kata Rudy Gunawan, Rabu (13/1).

Ia menuturkan beberapa aktivitas masyarakat di Kabupaten Garut dibatasi selama diberlakukannya PPKM yang akan berlangsung sampai 25 Januari 2021. Kebijakan itu, kata dia, sesuai dengan keputusan Gubernur Jawa Barat tentang pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar secara proporsional di 20 kabupaten/kota dalam rangka penanganan covid-19.

Termasuk Kabupaten Garut, kata dia, telah membuat Surat Edaran Bupati Garut tentang kebijakan membatasi beberapa aktivitas di Kabupaten Garut. Seperti pemberlakuan kerja di rumah dan aturan lain sesuai dengan protokol kesehatan untuk pencegahan wabah covid-19.
  
"Membatasi aktivitas di tempat kerja kantor dengan menerapkan work from home sebesar 75 persen, dan work from office 25 persen dengan memberlakukan protokol kesehatan secara lebih ketat," lanjut Rudy.
  
Ia menyampaikan selama diberlakukannya PPKM maka jajarannya akan bekerja optimal untuk penanganan wabah covid-19, dan bisa melakukan langkah konkret pencegahan dan penanganan orang terkonfirmasi positif covid-19. 
  
"Selama 14 hari ini saya selaku Ketua Satgas akan all out untuk melakukan langkah-langkah konkret. Karena kemarin saja kami sedih lima orang di RSUD meninggal dunia. Tiap hari itu satu, dua," terangnya.
  
Rudy menambahkan selain membatasi tempat kerja, ada juga aturan jam operasional bagi swalayan atau pasar modern yang berdiri sendiri maupun perusahaan besar. Kemudian restoran dan kedai kopi mulai pukul 08.00 WIB sampai 19.00 WIB. Kebijakan itu, kata dia, tidak diberlakukan di seluruh kecamatan, melainkan hanya 26 kecamatan tersebar di wilayah perkotaan Garut maupun daerah utara dan selatan Garut.
  
"PSBB di kita itu akan berada di 26 kecamatan, melihat letak geografisnya sama saja dengan 42 kecamatan, karena pada hakikatnya itu berdampingan, dan sebagainya," jelas Rudy.

baca juga: Balikpapan Terapkan PPKM Mulai 15 Januari
   
Kecamatan yang diberlakukan PPKM yakni Kecamatan Garut Kota, Karangpawitan, Wanaraja, Sucinaraja, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi, Samarang, Pasirwangi, Leles, Kadungora, Cibatu, Sukawening, Bayongbong, Cilawu, Cisurupan, Cikajang, Singajaya, Pameungpeuk, Cisompet, Cikelet, Mekarmukti, Pakenjeng, Caringin, Talegong, dan Pamulihan. (Ant/OL-3)
 

Baca Juga

MI/Tosiani

Warga BintanTtemukan Bola Hitam di Pantai

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:51 WIB
Bola hitam tersebut terlihat dilapisi dengan rantai besi putih disertai ban hitam mini. Pada benda tersebut terdapat beberapa tulisan,...
MI/Rudi Kurniawansyah

834 Personel Polda Riau Ikuti Seleksi Sekolah Inspektur Polisi

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:48 WIB
Agung menjelaskan terdapat tiga belas penilaian komponen bagi anggota Polri yang menjadi acuan...
MI/Ruta Suryana

Operasi Yustisi Digencarkan, 12 Terjaring Langgar Prokes

👤Ruta Suryana 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:45 WIB
Untuk yang menggunakan masker dengan tidak benar dilakukan pembinaan oleh petugas dengan hukuman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya