Selasa 12 Januari 2021, 23:31 WIB

Kemensos Kucurkan Rp1 Miliar untuk Evakuasi Korban Longsor

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Nusantara
Kemensos Kucurkan Rp1 Miliar untuk Evakuasi Korban Longsor

Antara
Longsor Sumedang

 

KEMENTERIAN Sosial bertidak cepat membantu masyarakat korban tanah longsor di wilayah Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

 

Kemensos melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) telah melakukan empat langkah penting.

"Sejak bencana terjadi, kami melalui Tagana telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial di wilayah terdampak tanah longsor tentang aktivitas penanganan dan mengamati situasi terkini,” kata Direktur PSKBA Syafii Nasution.

 

Langkah selanjutnya adalah pengerahan Tagana dan unsur Kampung Siaga Bencana (KSB) untuk melakukan pendataan korban, evakuasi korban ke tempat aman khususnya kepada kelompok rentan yang terdiri atas lansia, anak-anak, penyandang disabilitas, dan kelompok khusus lainnya.

 

“Kami juga melakukan pendistribusian logistik dan beras regular untuk pemenuhan kebutuhan dasar korban bencana banjir yang bersumber dari Gudang Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat,” katanya. Direktorat PSKBA juga mengaktivasi pelayanan dapur umum lapangan dan layanan dukungan psikososial yang berpusat di SD Cipateuag untuk penyiapan nasi bungkus sebanyak 500 pcs.

 

Total bantuan yang telah disalurkan untuk penanganan bencana sebesar Rp1.053.703.150. Yakni terdiri dari Bantuan Logistik Tanggap Darurat sebsar Rp888.671.350; Beras Reguler sebanyak 3.000 kg dengan nilai Rp31.800.000; dan Santunan Ahli Waris untuk 11 orang dengan indeks Rp15 juta/ahli waris sebesar Rp165.000.000.

 

Adapun bantuan logistik Kemensos terdiri dari tenda serbaguna keluarga sebanyak 10 unit; velbed sebanyak 150 unit; matras sebanyak 1.200 lembar; kasur sebanyak 600 buah; dan selimut sebanyak 1.000 lembar. (OL-8)

 

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Kawasan Agropolitan dan Kampung Inggris Barito Kuala Disapu Banjir

👤Denny Susanto 🕔Kamis 28 Januari 2021, 09:58 WIB
WIilayah hilir DAS Barito, Kabupaten Barito Kuala menjadi daerah terparah dilanda bencana banjir di Provinsi Kalimantan...
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Erupsi Merapi Tidak Berdampak ke Kabupaten Magelang

👤Tosiani 🕔Kamis 28 Januari 2021, 09:51 WIB
Luncuran lava dan awan panas hasil erupsi Gunung Merapi sejauh ini tidak berdampak pada wilayah Kabupaten Magelang, Jawa...
MI/LILIEK DHARMAWAN

Distribusi Terhambat, Harga Kebutuhan Pokok di Kalsel Melonjak

👤Denny Susanto 🕔Kamis 28 Januari 2021, 09:43 WIB
"Ada kenaikan harga kebutuhan pokok terutama jenis sayuran lokal, seperti kacang panjang, kecambah, tomat, kangkung, petai, cabe...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya